UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID HATI TIKUS DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN DAN NIKOTINAMID = THE ACTIVITY OF BREADFRUIT LEAF EXTRACT (Artocarpus altilis) ON LIVER MALONDIALDEHYDE LEVEL OF DIABETIC RATS INDUCTED BY ALLOXAN AND NICOTINAMIDE


Melisa, Melisa (2020) UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID HATI TIKUS DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN DAN NIKOTINAMID = THE ACTIVITY OF BREADFRUIT LEAF EXTRACT (Artocarpus altilis) ON LIVER MALONDIALDEHYDE LEVEL OF DIABETIC RATS INDUCTED BY ALLOXAN AND NICOTINAMIDE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
MELISA_N11116302.pdf

Download (823kB)

Abstract (Abstrak)

MELISA. Uji Aktivitas Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus altilis) Terhadap Kadar Malondialdehid Hati Tikus Diabetes Yang Diinduksi Aloksan Dan Nikotinamid. Dibimbing oleh Yulia Yusrini Djabir dan Subehan.Diabetes Mellitus (DM) yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek pemberian ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) terhadap penurunan kadar malondialdehid hati tikus diabetes yang diinduksi aloksan dan nikotinamid. Tikus dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan. Kelompok 1 adalah kelompok normal yang tidak diberi perlakuan apapun, kelompok 2 adalah kelompok kontrol negatif yang diberi NaCMC, kelompok 3 adalah kelompok kontrol positif yang diberi metformin, kelompok 4 adalah kelompok yang diberi perlakuan ekstrak daun sukun dosis 100 mg/kgBB, kelompok 5 diberi ekstrak daun sukun dosis 200 mg/kgBB dan kelompok 6 diberi ekstrak daun sukun dosis 400 mg/kgBB. Setelah perlakuan selama 14 hari, dilakukan pengambilan organ hati lalu diukur kadar MDA menggunakan spektrofotometer visible 530 nm. Hasil pengukuran menujukkan pemberian ekstrak etanol daun sukun dengan dosis 100 mg/kgBB terdapat kadar MDA 0.13±0.01 μg/g, ekstrak 200 mg/kgBB 0.13±0.01 μg/g dan ekstrak 400 mg/kgBB 0.13±0.01 μg/g. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun sukun tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kadar MDA hati tikus yang diinduksi aloksan dan nikotinamid.

Kata kunci : Diabetes mellitus, aloksan, nikotinamid, kadar malondialdehid, daun sukun, Artocarpus altilis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus, alloxan, nicotinamide, malondialdehyde, Breadfruit Leaf Artocarpus Altilis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 25 Jan 2024 00:16
Last Modified: 25 Jan 2024 00:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29413

Actions (login required)

View Item
View Item