PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN PALIASA (Kleinhovia hospita L.) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM KATALASE PADA HATI DAN GINJAL TIKUS = THE EFFECT OF PALIASA LEAF EXTRACT (Kleinhovia hospita L.) ON THE ACTIVITY OF CATALASE ENZYME IN RAT’S LIVER AND KIDNEY


Hamzi, Hanylia (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN PALIASA (Kleinhovia hospita L.) TERHADAP AKTIVITAS ENZIM KATALASE PADA HATI DAN GINJAL TIKUS = THE EFFECT OF PALIASA LEAF EXTRACT (Kleinhovia hospita L.) ON THE ACTIVITY OF CATALASE ENZYME IN RAT’S LIVER AND KIDNEY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Hanylia Hamzi_N11116324.pdf] Text
Hanylia Hamzi_N11116324.pdf

Download (581kB)

Abstract (Abstrak)

HANYLIA HAMZI. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Paliasa (Kleinhovia hospita L.) terhadap Aktivitas Enzim Katalase pada Hati dan Ginjal Tikus (Dibimbing oleh Yulia Yusrini Djabir dan Yayu Mulsiani Evary) Daun paliasa (Kleinhovia hospita L.) merupakan salah satu tanaman obat yang secara empiris digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ekstrak daun paliasa pada dosis 250 mg/kg BB dan 500 mg/kg BB dapat bersifat sebagai hepatoprotektif dan nefroptotektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun paliasa terhadap aktivitas enzim katalase yang merupakan antioksidan endogen. Penelitian ini menggunakan 12 ekor tikus putih yang dibagi ke dalam 3 kelompok perlakuan, yakni kelompok pertama sebagai kontrol negatif merupakan tikus yang diberikan suspense NaCMC 1%, kelompok kedua diberikan ekstrak daun paliasa dosis 250 mg/kg BB dan kelompok ketiga diberikan ekstrak daun paliasa dosis 500 mg/kg BB. Setelah perlakuan selama 30 hari, tikus dibedah dan diambil organ hati dan ginjal untuk analisis aktivitas enzim katalase menggunakan alat microplate reader. Hasil analisis aktivitas enzim katalase menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok yang diberikan ekstrak daun paliasa 250 dan 500 mg/kg BB dengan kelompok yang tidak diberikan ekstrak. Hal ini menandakan bahwa tidak terdapat pengaruh ekstrak daun paliasa terhadap aktivitas enzim katalase hati dan ginjal.

Kata kunci : ekstrak daun paliasa, aktivitas enzim katalase

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: paliasa leaf extract, activity of catalase enzyme
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Jan 2024 00:50
Last Modified: 24 Jan 2024 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29400

Actions (login required)

View Item
View Item