EFEK PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis) TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA PLASMA TIKUS PUTIH DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN DAN NIKOTINAMID


Oltavia, Oki (2020) EFEK PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis) TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA PLASMA TIKUS PUTIH DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN DAN NIKOTINAMID. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
OKI OLTAVIA_N11116050.pdf

Download (843kB)

Abstract (Abstrak)

OKI OLTAVIA. Efek Pemberian Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus altilis)Terhadap Kadar Trigliserida Plasma Tikus Putih Diabetes Yang Diinduksi Aloksan Dan Nikotinamid. Dibimbing oleh Yulia Yusrini Djabir dan Subehan.Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia, dimana dislipidemia merupakan salah satu penyakit lain yang dapat terjadi karena penyakit DM. Salah satu tanaman tradisional yang terdapat di Indonesia dan dapat digunakan sebagai obat DM adalah tanaman sukun (Artocarpus altilis). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek ekstrak daun sukun pada dosis 100 mg/kgBB, 200 mg/kgBB, dan 400 mg/kgBB serta metformin 100 mg/kgBB sebagai kontrol positif terhadap kadar trigliserida tikus putih diabetes yang diinduksi aloksan dan nikotinamid. Pengukuran kadar trigliserida dilakukan dengan metode hidrolisis enzimatik. Pada pemberian ekstrak daun sukun dosis 100 mg/kgBB terjadi penurunan kadar trigliserida sebesar 63.69 U/L, pada pemberian ekstrak daun sukun dosis 200 mg/kgBB terjadi penurunan kadar trigliserida sebesar 30.77 U/L, pada pemberianekstrak daun sukun dosis 400 mg/kgBB terjadi penurunan kadar trigliserida sebesar 84.23 U/L. Hasil pengukuran menunjukkan penurunan kadar trigliserida tikus putih diabetes oleh ekstrak daun sukun (A. altilis folium). Dosis 400 mg/kgBB merupakan dosis yang paling poten dibandingkan dosis 100 mg/kgBB dan 200 mg/kgBB.

Kata Kunci: Ekstrak daun sukun, Artocarpus altilis, trigliserida, diabetesmelitus, aloksan, nikotinamid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:30
Last Modified: 23 Jan 2024 07:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item
View Item