Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Objek Wisata Tanjung Pallette di Kabupaten Bone = The Level of Visitor Statisfaction With The Tanjung Pallette Tourist Attraction in Bone Regency


Latif, Hilfiyani (2023) Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Objek Wisata Tanjung Pallette di Kabupaten Bone = The Level of Visitor Statisfaction With The Tanjung Pallette Tourist Attraction in Bone Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041191032_skripsi_15-08-2023 caver1.jpg

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041191032_skripsi_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041191032_skripsi_15-08-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041191032_skripsi_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Objek wisata merupakan salah satu daya tarik yang dikembangkan dari setiap daerah, objek wisata yang sifatnya masih alami yang menggambarkan hanya dari sisi keindahan alam, maupun secara non alami atau buatan manusia untuk menjadi penunjang daya tarik untuk berkunjung. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap obyek wisata Tanjung Pallette dan untuk mengetahui atribut yang paling tinggi menyumbang tingkat kepuasan pengunjung obyek wisata Tanjung Pallette. Penelitian ini dilakukan di Tanjung Palette, Kelurahan Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone pada bulan Desember 2022 sampai Maret 2023. Penelitian ini menggunakan variabel atribut obyek wisata yaitu retribusi/biaya masuk obyek wisata, keindahan obyek wisata, kebersihan obyek wisata, arena bermain, keamanan, SAR/kesehatan, lokasi parker dan aksesibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung dengan menggunakan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) pada pelayanan di wisata tanjung pallette secara umum indeks kepuasan pengunjung atas wisata tanjung pallette untuk atribut-atribut yang diuji dengan nilai 0,76 adalah pada kriteria puas, artinya kualitas pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan harapan pengunjung wisata tanjung palette dan kriteria “keindahan obyek wisata” merupakan atribut yang paling tinggi menyumbang tingkat kepuasan pengunjung obyek wisata dengan nilai 0.80. Sedangkan kriteria “kebersihan obyek wisata” mendapat nilai yang paling kecil yaitu 0.70, sehingga bagi pengelola wisata tanjung palette harus lebih memperhatikan kebersihan disekitar lokasi wisata.

Keywords : Customer Statisfaction Index, Wisata, Kepuasan Pengunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Statisfaction Index, Tour, Visitor Statisfaction
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:14
Last Modified: 22 Jan 2024 08:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29371

Actions (login required)

View Item
View Item