ANALISIS DETERMINAN KINERJA BIDAN DALAM PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS PERAWATAN ALLANG KABUPATEN MALUKU TENGAH = DETERMINANTS ANALYSIS OF ANTENATAL CARE SERVICES IN PUSKESMAS ALLANG CENTRAL MALUKU DISTRICT


Hattu, Josina (2023) ANALISIS DETERMINAN KINERJA BIDAN DALAM PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS PERAWATAN ALLANG KABUPATEN MALUKU TENGAH = DETERMINANTS ANALYSIS OF ANTENATAL CARE SERVICES IN PUSKESMAS ALLANG CENTRAL MALUKU DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052211019_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052211019_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052211019_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052211019_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Josina Hattu. Analisis Determinan Kinerja Bidan Dalam Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Perawatan Allang, Kabupaten Maluku Tengah. (dibimbing oleh Darmawansyah dan Amran Razak )

Antenatal care (ANC) merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan ibu hamil. Beberapa penelitian yang dilakukan di negara berpenghasilan tinggi menunjukkan bahwa perawatan Antenatal Care dapat meningkatkan pengalaman perawatan dan hasil kesehatan untuk wanita hamil dan bayi baru lahir.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan kinerja bidan dalam pelayanan antenatal care di Puskesmas Perawatan Allang Kabupaten Maluku Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Responden dalam penelitian ini diperoleh dengan mengambil keseluruhan populasi yang 30 orang dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan untuk analisis data menggunakan uji statistik dengan meggunakan uji analisis univariat, uji analisis bivariat dan uji analisis multivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan umur, status pegawai dan masa kerja terhadap kinerja bidan dalam pelayanan ANC di Puskesmas Allang Kabupaten Maluku Tengah dan tidak ada hubungan pengetahuan dan sikap terhadap kinerja bidan dalam pelayanan ANC di Puskesmas Allang Kabupaten Maluku Tengah. Saran dari penelitian ini yaitu untuk Dinas Kesehatan dan Bidan di Kabupaten Maluku Tengah Memberikan kebijakan dalam pengaturan sumber daya manusia bagi bidan dengan status pegawai tidak tetap, dengan pengaturan insentif yang dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan ANC serta melaksanakan pelayanan Antenatal care dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan sungguh-sungguh mengingat pelayanan yang diberikan berhubungan terhadap cakupan program Kesehatan Ibu dan Anak yang akan dicapai

Keywords : Antenatal Care, Puskesmas

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Antenatal Care, Health center
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:39
Last Modified: 22 Jan 2024 06:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29305

Actions (login required)

View Item
View Item