EFEKTIVITAS KEEL COOLER PADA SISTEM PENDINGIN MESIN PENGGERAK UTAMA KAPAL


Faizal, Muhammad (2023) EFEKTIVITAS KEEL COOLER PADA SISTEM PENDINGIN MESIN PENGGERAK UTAMA KAPAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D091181003_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf] Text
D091181003_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D091181003_skripsi_31-10-2022 cover1.png]
Preview
Image
D091181003_skripsi_31-10-2022 cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of D091181003_skripsi_31-10-2022 dp.pdf] Text
D091181003_skripsi_31-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D091181003_skripsi_31-10-2022.pdf] Text
D091181003_skripsi_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal Ot. Skylie merupakan salah satu jenis kapal tanker yang diproduksi oleh PT. Samudra Marine Indonesia, jika pada umumnya kapal konvensional menggunakan cooler sebagai sistem pendingin mesin, namun dalam pembangunan kapal Ot. Skylie ini mengaplikasikan keel cooler sebagai alat pendingin mesin utama penggerak kapal. Keel cooler ini merupakan salah satu alat penukar kalor tipe baru yang diaplikasikan di bidang perkapalan. Keel cooling system adalah sistem pendingin yang memakai keel. Sistem pendingin dengan menggunakan keel cooler merupakan salah satu sistem pendingin sirkuit tertutup yang dipasang secara eksternal pada lambung kapal di bawah permukaan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai perpindahan panas menyeluruh dan pengaruh dari perubahan power/torque kapal terhadap efektivitas penukar kalor tipe keel cooler. Berdasarkan hasil perhitungan pada beberapa kondisi power/torque kapal diperoleh nilai perpindahan kalor terbesar yaitu 5,599 x 105 W pada kondisi power 100% dan nilai terendah sebesar 5,055 x 105 W pada kondisi power 10%. Sementara itu untuk nilai efektivitas terbesar yaitu 79,985% dan nilai terkecil sebesar 79,839%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan keel cooler pada kapal Ot. Skylie sudah memenuhi nilai standar efektivitas untuk sebuah heat exchanger yaitu sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:34
Last Modified: 18 Jan 2024 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29243

Actions (login required)

View Item
View Item