ANALISA TEGANGAN PADA SISTEM INSTALASI PIPA BALLAST KAPAL DENGAN PENDEKATAN SOFTWARE CAESAR II


Sisande, Rezky Pratama (2023) ANALISA TEGANGAN PADA SISTEM INSTALASI PIPA BALLAST KAPAL DENGAN PENDEKATAN SOFTWARE CAESAR II. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D091171506_skripsi_04-04-2023 bab 1-3.pdf] Text
D091171506_skripsi_04-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D091171506_skripsi_04-04-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D091171506_skripsi_04-04-2023 cover1.jpg

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of D091171506_skripsi_04-04-2023 dp.pdf] Text
D091171506_skripsi_04-04-2023 dp.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of D091171506_skripsi_04-04-2023.pdf] Text
D091171506_skripsi_04-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal memiliki sistem instalasi pipa ballast yang sangat penting dalam menjaga
stabilitas kapal dan sistem instalasi layanan kapal yang memiliki rute perpipaan
yang panjang karena harus mengisi tangki ballast di double bottom kapal sesuai
kebutuhan. Fluida yang mengalir melewati instalasi pipa ballast akan menimbulkan
beban karena itu, akan ada kemungkinan terjadinya jalur pipa kritis sehingga terjadi
tegangan pada pipa. Tegangan dikatakan berbahaya jika melebihi batas izin yang
telah ditentukan berdasarkan code dan standart. Selain tegangan, beban sustain
juga dapat menimbulkan defleksi pada jalur perpipaan sehingga jalur pipa bersiko
mengalami kegagalan serta kerusakan. Salah satu cara yang akan dibahas dalam
penelitian ini yakni menganalisis nilai tegangan dan besarnya defleksi yang terjadi
pada sistem pipa ballast dengan menggunakan software Caesar II serta analisis
manual menggunakan formula. Kemudian melakukan modifikasi untuk
mengoptimalkan desain sehingga penggunaan support dapat dikurangi namun
masih dibawah batas izin tegangan dan batas maksimal defleksi. Support yang
digunakan sebanyak 29 penyangga, dengan nilai tegangan desain sebelum dan
sesudah modifikasi berdasarkan analisa Caesar II 18.752,8 Kpa dan 61.141,5 Kpa
dengan batas izin 137.895,1 Kpa, dengan nilai maksimal defleksi yang didapat
masing masing 0,4122 cm dan 0,4315 cm terhadap batas defleksi sebesar 0,44 cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:28
Last Modified: 18 Jan 2024 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item
View Item