EFEKTIVITAS BACKWARD WALKING PROGRAM TERHADAP PERUBAHAN KONTROL POSTURAL, KOORDINASI GERAK, DAN RISIKO JATUH PADA LANSIA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL BATARA HATI MULIA KABUPATEN GOWA = EFFECTIVENESS OF BACKWARD WALKING PROGRAM ON CHANGES IN POSTURAL CONTROL, MOVE COORDINATION, AND FALL RISK IN THE ELDERLY AT BATARA HATI MULIA SOCIAL WELFARE INSTITUTION, GOWA REGENCY


Arsal, Ulfah Widyastuti (2023) EFEKTIVITAS BACKWARD WALKING PROGRAM TERHADAP PERUBAHAN KONTROL POSTURAL, KOORDINASI GERAK, DAN RISIKO JATUH PADA LANSIA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL BATARA HATI MULIA KABUPATEN GOWA = EFFECTIVENESS OF BACKWARD WALKING PROGRAM ON CHANGES IN POSTURAL CONTROL, MOVE COORDINATION, AND FALL RISK IN THE ELDERLY AT BATARA HATI MULIA SOCIAL WELFARE INSTITUTION, GOWA REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P062211036_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P062211036_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P062211036_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P062211036_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ULFAH WIDYASTUTI ARSAL. Efektivitas backward Walking program Terhadap Perubahan Kontrol Postural, Koordinasi Gerak, Dan Risiko Jatuh Pada Lansia Di Lemabaga Kesejahteraan Sosial Batara Hati Mulia Kabupaten Gowa (Pembimbing : Djohan Aras dan Andi Ariyandy)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas backward walking program (BWP) terhadap perubahan kontrol postur, koordinasi gerak, dan risiko jatuh pada lansia. Penelitian ini merupakan quasi experimental dengan desain two group pretest posttest control group design. Empat puluh responden dibagi menjadi dua kelompok, 20 responden termasuk dalam kelompok eksperimen dan 20 responden termasuk dalam kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan BWP sebanyak 3 kali seminggu selama 4 minggu dan kelompok kontrol diberi perlakuan senam lansia sebanyak sekali seminggu selama 4 minggu. Untuk mengukur kontrol postural menggunakan Berg balance scale (BBS), koordinasi gerak menggunakan Romberg test, dan risiko jatuh menggunakan time up and go test (TUGT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pemberian BWP pada kelompok eksperimen dalam BBS (p < 0,001), Romberg test (p=0,002), dan TUGT (p < 0,001). Selanjutnya pada pengukuran BBS diperoleh kelompok eksperimen ada perbedaan yang signifikan dengan senam lansia (p=0,000) berupa peningkatan kontrol postural dari kontrol postural buruk menjadi kontrol postural baik, pada Romberg test ada perbedaan yang signifikan dengan senam lansia (p=0,001) berupa peningkatan koordinasi gerak dari positif menjadi negatif, dan pada TUGT Terdapat perbedaan yang sangat bermakna dengan senam lansia (p=0,000) berupa penurunan risiko jatuh pada lansia.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa BWP lebih efektif dalam meningkatkan kontrol postural, koordinasi gerak dan risiko jatuh pada lansia. Serta BWP lebih efektif dibandingkan senam lansia untuk meningkatkan kontrol postural, koordinasi gerak, dan menurunkan risiko jatuh pada lansia.

Kata Kunci: Backward Walking Program, Kontrol Postural, Koordinasi Gerak, Risiko Jatuh

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: backward walking program, postural control, movement coordination, fall risk
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Biomedik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:19
Last Modified: 04 Jan 2024 07:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item
View Item