DEPOSISI SECARA REDOKS NANOPARTIKEL MnO2 PADA PERMUKAAN KARBON AKTIF TONGKOL JAGUNG (Zea mays L.) DAN POTENSINYA SEBAGAI MATERIAL ELEKTRODA PSEUDOKAPASITOR


FITRIANI, FITRIANI (2017) DEPOSISI SECARA REDOKS NANOPARTIKEL MnO2 PADA PERMUKAAN KARBON AKTIF TONGKOL JAGUNG (Zea mays L.) DAN POTENSINYA SEBAGAI MATERIAL ELEKTRODA PSEUDOKAPASITOR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Sintesis dan karakterisasi karbon aktif tongkol jagung (Zea Mays L.) yang terdeposisi MnO2 sebagai bahan elektroda pseudokapasitor telah dilakukan. Karbon aktif dibuat melalui dua tahap, yakni karbonisasi dan aktivasi. Luas permukaan kabon aktif sebelum dan setelah aktivasi yaitu 155,0244 dan 173,5665 m2/g. Deposisi MnO2 pada permukaan karbon dilakukan dengan mereaksikan KMnO4 dengan karbon menggunakan variasi yaitu massa karbon, konsentrasi KMnO4, pH dan suhu untuk memaksimalkan MnO2 yang terdeposisi. Hasil analisis XRF menunjukkan kadar MnO2 meningkat setelah terdeposisi MnO2 yang menandakan bahwa MnO2 telah terdeposisi pada permukaan karbon. Hasil analisis XRD sebelum terdeposisi menunjukkan karbon aktif memiliki struktur amorf, dan setelah terdeposisi terbentuk 2 puncak baru sekitar 37° dan 65° yang menunjukkan adanya MnO2. Hasil analisis dengan spektrofotometer UV-Vis menunjukkan bahwa MnO2 yang terbentuk sebagian terdispersi ke larutan yang ditandai dengan adanya serapan yang dimulai pada daerah visible dan maksimum pada daerah UV (205-215 nm) kecuali karbon yang terdeposisi pada suasana asam terbentuk spesi Mn3O44+ yang terlarut dalam filtrat. Deposisi MnO2 paling efektif dilakukan dengan mereaksikan 0,6 g karbon dengan KMnO4 0,025 M pada suhu 95 oC dalam suasana netral. Hasil pengukuran kapasitansi spesifik dengan metode cyclic voltammetry menunjukkan bahwa MnO2 memiliki efek pseudokapasitif yang sangat baik sebab mampu meningkatkan nilai kapasitansi spesifik hingga 15000 kali dengan nilai kapasitansi spesifik karbon aktif sebelum deposisi sebesar 0,0066 mF/g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Kimia
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:06
Last Modified: 04 Jan 2024 07:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29064

Actions (login required)

View Item
View Item