ANALISIS PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN ENREKANG = ANALYSIS OF THE NON-CASH FOOD ASSISTANCE PROGRAM IN POVERTY ALLEVIATION IN ENREKANG REGENCY


Nursida, Nursida (2023) ANALISIS PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN ENREKANG = ANALYSIS OF THE NON-CASH FOOD ASSISTANCE PROGRAM IN POVERTY ALLEVIATION IN ENREKANG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022201012_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022201012_tesis_15-08-2023 bab1-2.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022201012_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022201012_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 September 2025.

Download (945kB)

Abstract (Abstrak)

NURSIDA. Analisis Program Bantuan Pangan Non Tunai Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Enrekang (dibimbing oleh Mursalim dan Jimmy R.A. Torar).
Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Enrekang yang cukup besar harus menjadi perhatian dan memerlukan langkah-langkah penanggulangan dan pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh. Upaya-upaya tersebut harus ditujukan untuk mengurangi beban dan memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak untuk menempuh dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam menanggulangi kemisikinan masyarakat di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah dengan memberikan bantuan dalam bentuk pangan melalui Pelaksanaan program Bantuan Pangan Non Tunai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh melalui wawancara terhadap 19 informan, sedangkan data sekunder bersumber dari pengkajian referensi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program Bantuan Pangan Non Tunai belum efektif dalam menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Enrekang, hal ini terlihat pada jumlah penerima bantuan pangan non tunai yang semakin meningkat belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan di kabupaten Enrekang walaupun Program BPNT ini telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Perlu ada kebijakan lain selain Program Bantuan Pangan Non Tunai yang diterapkan oleh Pemerintah kabupaten Enrekang dalam rangka penanggulangan kemiskinan khususnya yang menyentuh pada aspek peningkatan penghasilan masyarakat dan penurunan jumlah kantong kantong kemiskinan.

Keywords : Analisis, Program, Bantuan, Pangan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analysis, Program, Aid, Food.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:02
Last Modified: 04 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item
View Item