KARAKTERISTIK PETERNAK SAPI POTONG YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI ASURANSI USAHA TERNAK SAPI DI KECAMATAN KAJANG, KABUPATEN BULUKUMBA


Affan N M, Muhammad (2020) KARAKTERISTIK PETERNAK SAPI POTONG YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI ASURANSI USAHA TERNAK SAPI DI KECAMATAN KAJANG, KABUPATEN BULUKUMBA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I11114054_skripsi cover1.png

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I11114054_skripsi 1-2.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
I11114054_skripsi dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
I11114054_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak sapi potong yang mengikuti dan tidak mengikuti Asuransi Usaha Ternak Sapi di Desa Sangkala, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni – Agustus 2020 di Desa Sangkala Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel sebagai responden dilakukan dengan metode sampel jenuh dimana semua anggota kelompok tani ternak yang ada di Desa Sangkala diambil sebagai sampel yaitu 50 orang. Jenis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Alat analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peternak yang mengikuti program asuransi usaha ternak sapi lebih dominan dari segi tingkat pendidikan, pengalaman beternak dan intensitas penyuluhan, sedangkan dari segi umur, jumlah kepemilikan ternak dan jumlah tanggungan keluarga memiliki kesamaan jumlah antara mengikuti program asuransi usaha ternak sapi. dan yang tidak mengikuti program asuransi usaha ternak sapi.

Kata Kunci : Karakteristik Peternak, Asuransi, Ternak, Sapi Potong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:50
Last Modified: 03 Mar 2021 02:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item
View Item