Strategi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Menghadapi Masa Krisis Ekonomi Di Era Endemi Covid-19 Di Kecamatan Makassar Kota Makassar = Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Strategies in Facing the Economic Crisis during the Covid- 19 Endemic Era in Makassar District, Makassar City


Ishak, Jihan Faddilah (2022) Strategi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Menghadapi Masa Krisis Ekonomi Di Era Endemi Covid-19 Di Kecamatan Makassar Kota Makassar = Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Strategies in Facing the Economic Crisis during the Covid- 19 Endemic Era in Makassar District, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071181505_skripsi_10-01-2023 cover1.png

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071181505_skripsi_10-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181505_skripsi_10-01-2023 dp.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181505_skripsi_10-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pada saat pandemi, pelaku UMKM menghadapi dampak penurunan pendapatan usaha karena dalam masa tersebut perekonomian sangatlah mencekik kondisi masyarakat. Untuk itu, pada saat endemi kemungkinan besar para pelaku usaha UMKM dihadapkan dengan masa pemulihan perekonomian dan bisnis mereka agar tetap bertahan hidup di era new normal dimulai dengan perbaikan strategi promosi dalam berbisnis melalui pemasaran digital, inovasi produk, minimalisir budgeting, dan lain-lain. Namun tentunya, hal tersebut tidak dapat dicapai dengan mudah begitu saja, akan banyak berbagai kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran atas kendala yang dialami pada masa Endemi Covid-19 dan fungsi strategi adaptasi dalam pengembangan UMKM di masa Endemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus- November di Kecamatan Makassar Kota Makassar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang menggambarkan bagaimana keadaan pelaku UMKM dalam menghadapi masa krisis ekonomi di era pandemi Covid-19. Populasi penelitian yaitu pelaku UMKM sebanyak 10 informan.Teknik penentuan informan yang digunakan ialah teknik purposive sampling (sengaja) yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengamatan (observasi) dan wawancara mendalam dengan informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Kecamatan Makassar, Kota Makassar merupakan salah satu wilayah yang usahanya terdampak akibat adanya pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan perbatasan kegiatan masyarakat yang harus diterapkan sehingga konsumen tidak dapat melakukan pembelian secara langsung kepada pelaku UMKM. Untuk mempertahankan usahanya pelaku UMKM perlu melakukan strategi adaptasi. Strategi adaptasi yang dilakukan oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan media digital dan melakukakan sistem penjualan secara online, melakukan inovasi produk yang sesuai dengan tren pada usaha, serta melakukan mitra dengan e-commerce seperti Grabfood, Gofood serta ShopeeFood.

Keywords : Strategi, UMKM, Covid-19, dan Endemi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategy, UMKM, Covid-19, and Endemic
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jan 2024 05:39
Last Modified: 03 Jan 2024 05:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28829

Actions (login required)

View Item
View Item