PERUBAHAN MAKNA DAN SIMBOL PADA MOTIF KAIN SUTERA DIKALANGAN REMAJA BUGIS DI KECAMATAN TANASITOLO, KABUPATEN WAJO = CHANGES IN MEANING AND SYMBOLS ON SILK FABRIC MOTIF AMONG BUGIS ADOLESCENT IN TANASITOLO DISTRICT, WAJO REGENCY


Astuti, Sri (2022) PERUBAHAN MAKNA DAN SIMBOL PADA MOTIF KAIN SUTERA DIKALANGAN REMAJA BUGIS DI KECAMATAN TANASITOLO, KABUPATEN WAJO = CHANGES IN MEANING AND SYMBOLS ON SILK FABRIC MOTIF AMONG BUGIS ADOLESCENT IN TANASITOLO DISTRICT, WAJO REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071181312_skripsi_03-01-2023 cover1.png

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071181312_skripsi_03-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181312_skripsi_03-01-2023 dp.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181312_skripsi_03-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pada Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, salah satu pekerjaan utama masyarakat setempat yaitu bekerja sebagai pengusaha kain sutera. Seiring perkembangan zaman, maka terjadilah perubahan makna pada setiap motif kain sutera.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan makna dan simbol pada motif kain sutera dikalangan remaja Bugis di Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Dengan fokus penelitian jenis dan motif kain sutera, makna jenis dan motif kain sutera, serta kegunaan kain sutera dikalangan remaja Bugis di Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Teknik penentuan informan pada penelitian ini ialah menggunakan teknik purposive yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengamatan (observasi) dan wawancara mendalam dengan informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis dan motif kain sutera yang masih bertahan pada masyarakat Bugis namun perkembangan motif pada kain sutera ini mengikuti perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Makna yang terkandung dalam kain sutera memiliki makna yang penuh akan nilai filosofi dan juga mengandung unsur budaya yang memiliki nilai tinggi namun perubahan cara pandang masyarakat Bugis Wajo menjadi suatu faktor berubahnya makna pada kain sutera. Adapun kegunaan kain sutera yaitu kain sutera sebagai busana, kain sutera sebagai simbol kedudukan pada masyarakat, sebagai simbol penghormatan atau persahabatan serta sebagai simbol dalam acara budaya.

Keywords : Perubahan Makna, Motif, Kain Sutera, dan Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Changes In Meaning, Motifs, Silk, and Youth.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:51
Last Modified: 28 Dec 2023 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item
View Item