ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN KMP OPUDI LINTAS SOROWAKO-NUHA KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN


Ramadhan, Muhammad Al Qadri (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN KMP OPUDI LINTAS SOROWAKO-NUHA KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031181505_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D031181505_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031181505_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D031181505_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of D031181505_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D031181505_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031181505_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D031181505_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

KMP Opudi adaalah salah satu sarana angkutan penyeberangan yang ada di danau Matano. Angkutan ini dibangun untuk melayanai penyeberangan dari Pelabuhan Sorowako menuju Pelabuhan Nuha. KMP Opudi pertama kali dioperasikan pada tanggal 05 Agustus 2021 dan diharapkan mampu menjadi moda transportasi yang aman dan nyaman bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan angkutan penyeberangan KMP Opudi dan bagaimana solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan kinerja pelayanan angkutan penyeberangan KMP Opudi. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung dan membagikan kuesioner kepada penumpang yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 62 Tahun 2019 tentang standar pelayanan minimal angkutan penyeberangan. Analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja suatu atribut berdasarkan tingkat kepentingan (Importance) dan tingkat kinerja (Performance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan terhadap kendaraan berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sudah baik. Hasil analisis IPA terhadap 23 atribut untuk penilaian kinerja pelayanan terhadap penumpang didapatkan nilai Tingkat Kesesuaian untuk keseluruhan atribut 87% atau <100% yang berarti kinerja yang diberikan belum sesuai dengan harapan pengguna jasa. Dari hasil analisis kuadran terdapat 3 atribut yang masuk dalam kuadran 1, dimana ketiga atribut tersebut adalah (A1) Informasi seputar keselamatan dan kesehatan, (A9) Fasilitas Ibadah dan (A16) Informasi Pelayanan Penumpang. Dari hasil observasi dan analisis tingkat kesesuain antara kinerja yang dirasakan dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa menunjukkan bahwa kinerja pelayanan KMP Opudi sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:44
Last Modified: 19 Dec 2023 05:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item
View Item