Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar


Septiawan, Angga Tri (2023) Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031181503_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D031181503_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031181503_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D031181503_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of D031181503_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D031181503_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of D031181503_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D031181503_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kegiatan sektor transportasi perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai agar roda perekonomian dapat berjalan baik salah satunya yaitu terminal penumpang adalah sejenis prasarana angkutan yang digunakan untuk menjemput dan menurunkan penumpang yang memiliki fungsi untuk mengendalikan kedatangan dan keberangkatan penumpang. Gedung terminal penumpang dibangun pada tahun 1981 dan telah mengalami revitalisasi pada tahun 2015-2017 lebih baik dari sebelumnya dalam meningkatkan pelayanan pada penumpang untuk memenuhi standar pelayanan penumpang angkutan laut namun untuk mengetahui atau memenuhinya standar pelayanan yang telah ada maka perlu untuk mengetahui kinerja pelayanan dan tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas pelayanan di terminal penumpang pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Metode yang digunakan untuk mengetahui kinerja pada terminal penumpang mengenai kebutuhan gedung dan lahan parkir menggunakan perhitungan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No 52 Tahun 2004 Tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Penyeberangan dan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang menggunakan metode CSI. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kebutuhan luas gedung terminal untuk asumsi kebutuhan tertinggi yaitu dua kapal yang datang bersamaan yaitu sebesar 1.548 m2 dengan persentase penggunaan gedung terminal penumpang sebesar 23% dari luas total gedung terminal penumpang yang tersedia dan kebutuhan lahan parkir 1.027 m2 dengan persentase penggunaan lahan parkir sebesar 24% dari luas lahan parkir yang tersedia yang artinya masih mencukupi untuk menampung penumpang yang akan berangkat dan tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penumpang masih rendah 71% X ≤ 77%, mengidentifikasikan bahwa termasuk dalam kategori Couse for concern yang artinya penumpang belum puas dan untuk pelayanan kemudahan serta kehandalan, kenyaman dan keteraturan beberapa hal masih perlu diperbaiki antara lain mengenai informasi pelayanan penumpang dan kebersihan terminal penumpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:19
Last Modified: 11 Dec 2023 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28707

Actions (login required)

View Item
View Item