Fajrul Haq, Muhammad (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT DOUBLE GOTHIC VORTEX GENERATOR: POSISI BERLAWANAN ARAH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031181303_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf
Download (2MB)
D031181303_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg
Download (205kB) | Preview
D031181303_skripsi_09-05-2023 dp.pdf
Download (2MB)
D031181303_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2026.
Download (9MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu komponen yang harus dipertimbangkan dalam mendesain kapal yakni tahanan kapal. Agar meminimalisir besarnya nilai tahanan kapal juga dapat dilakukan modifikasi pada lambung kapal, yakni dengan pemasangan Vortex Generator. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan nilai tahanan kapal menggunakan vortex generator dan tanpa vortex generator serta menentukan karakteristik aliran fluida yang terjadi di sepanjang lambung kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 7 untuk pemodelan, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya nilai tahanan akibat penambahan vortex generator dibandingkan dengan tanpa vortex generator. Melalui penelitian ini diketahui terjadi pengurangan nilai tahanan model kapal pada kondisi trim 0° hingga 3° dengan adanya penambahan vortex generator. Dengan persentase pengurangan terbesar terjadi pada kondisi trim 2° yaitu 11,67% lebih kecil dibanding dengan model kapal tanpa vortex generator dengan menggunakan kecepatan 2,016 m/s.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 07:15 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 07:15 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28661 |