STUDI PENGARUH DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR YANG SEARAH TERHADAP TAHANAN KAPAL


Rahman, Fatur (2023) STUDI PENGARUH DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR YANG SEARAH TERHADAP TAHANAN KAPAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031181302_skripsi_08-08-2023 1-2.pdf] Text
D031181302_skripsi_08-08-2023 1-2.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of D031181302_skripsi_08-08-2023 cover1.png]
Preview
Image
D031181302_skripsi_08-08-2023 cover1.png

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of D031181302_skripsi_08-08-2023 dp.pdf] Text
D031181302_skripsi_08-08-2023 dp.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of D031181302_skripsi_08-08-2023.pdf] Text
D031181302_skripsi_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Fatur Rahman/D031181302.” STUDI PENGARUH DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR YANG SEARAH TERHADAP TAHANAN KAPAL”. (Dibimbing oleh Ir. Rosmani, MT dan Lukman Bochary, MT)
Dalam mendesain kapal, yang harus dipertimbangkan yaitu bagian lambung kapal, karena berkaitan dengan besarnya nilai tahanan yang timbul saat beroperasi. Adapun salah satu solusi untuk mengurangi besarnya nilai tahanan kapal, yaitu dengan cara melakukan modifikasi pada lambung kapal, yaitu dengan pemasangan Vortex Generator. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan nilai tahanan kapal menggunakan double ogive vortex generator dengan posisi searah dan tanpa double ogive vortex generator dengan posisi searah serta penentuan karakteristik aliran fluida sepanjang lambung kapal. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu metode komputasi dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk permodelan, serta Autodesk CFD untuk menganalisa nilai tahanan kapal. Hasil Analisa nilai tahanan kapal de yaitu dengan kemiringan 0 sampai 3. Perbandingan nilai tahanan model kapal tanpa menggunakan vortex generator dengan tahanan model kapal menggunakan vortex generator dengan kecepatan yang sama dimana kecepatan 2.016 besar tahanan hampir sama dengan perbandingan terkecil 7.59 % dan pada kecepatan 1.513 besar tahanan sangat jauh dengan perbandingan terbesar 33,68 %..Adapun karakteristik aliran fluida dimana kapal tanpa vortex generator aliran turbulennya cenderung lebih banyak Adapun kapal yang menggunakan vortex generator aliran turbulennya sedikit karena terjadi distribusi pola aliran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:15
Last Modified: 08 Dec 2023 07:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28660

Actions (login required)

View Item
View Item