STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PEMASANGAN DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR: POSISI SEJAJAR


Maulana, Amrul (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PEMASANGAN DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR: POSISI SEJAJAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031181017_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D031181017_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031181017_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D031181017_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of D031181017_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D031181017_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031181017_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D031181017_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu masalah yang di hadapi dalam perencanaan kapal yakni menyangkut tahanan serta kecepatan kapal yang harus sesuai permintaan. Tahanan kapal merupakan ilmu yang mempelajari reksi fluida akibat gerakan
kapal yang melalui fluida tersebut. Besarnya tahanan kapal juga bergantung pada jenis kapal yang digunakan. Agar meminimalisir besarnya nilai tahanan kapal juga dapat di lakukan modifikasi pada lambung kapal, yakni dengan pemasangan Vortex Generator. Cara kerja dari Vortex Generator adalah mempercepat transisi
aliran dari laminar boundary layer menjadi turbulent boundary layer. Penelitian ini untuk melakukan “studi tahanan kapal akibat pemasangan double rectangular vortex generator : posisi sejajar”. Penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi CFD (Computational Fluid Dynamics). Tahanan model kapal menggunakan double rectangular vortex generator pada kecepatan 0,75 m/s hingga kecepatan 2,762 m/s memiliki nilai tahanan model yang lebih kecil dibanding model kapal tanpa menggunakan double rectangular vortex generator. Dengan pengurangan terkecil nilai tahanan model kapal terjadi pada kecepatan 0,75 m/s yaitu 0,014 N dan pengurangan terbesar nilai tahanan model kapal terjadi pada kecepatan 2,762 m/s yaitu 1,112 N. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengurangan tahanan model kapal akibat penambahan double rectangular vortex generator sejajar arah terjadi pada setiap kecepatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:13
Last Modified: 08 Dec 2023 04:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28630

Actions (login required)

View Item
View Item