Analisis Kinerja Logistik Semen pada Pelabuhan Biringkassi


Astuti, Nur Annisa Dwi (2023) Analisis Kinerja Logistik Semen pada Pelabuhan Biringkassi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031181013_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D031181013_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of D031181013_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D031181013_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of D031181013_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D031181013_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of D031181013_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D031181013_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Setiap barang/produk yang dihasilkan memerlukan kegiatan logistik di dalam prosesnya, mulai dari pabrik sampai dengan pembeli akhir. Kinerja logistik dapat memengaruhi daya saing perdagangan suatu negara. Salah satu komoditas unggulan Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan adalah semen. Semen merupakan salah satu komoditas yang stategis dan penggunaannya semakin meningkat seiring dengan peningkatan pembangunan infrastruktur. PT. Semen Tonasa memiliki Pelabuhan khusus, yaitu Pelabuhan Biringkassi, yang berguna sebagai pendukung jaringan distribusi Semen Tonasa untuk memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat kinerja logistik semen pada pelayanan kapal dan pelayanan barang di Pelabuhan Biringkassi berdasarkan on time performance, lead time, keamanan, tingkat kerusakan, tracking and tracing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk memperoleh tingkat kesesuaian antara kinerja layanan dengan harapan pengguna jasa pelayanan. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh rata-rata tingkat kesesuaian antara tingkat persepsi dan tingkat ekspektasi pada pelayanan kapal yang diperoleh yaitu sebesar 87,13%, dan pada pelayanan barang yaitu 92,54%. Indikator kinerja yang berada pada prioritas utama, dalam hal ini indikator kinerja yang dinilai belum memuaskan menurut pengguna jasa pelayanan kapal, yaitu ketepatan jadwal keberangkatan kapal, waktu tunggu kapal, waktu kapal di dermaga, dan fasilitas pelayanan kapal (kesiapan dan kecukupan peralatan). Adapun indikator kinerja yang berada pada prioritas utama pada pelayanan barang, yaitu ketepatan jadwal kegiatan di pelabuhan, kecepatan dalam penanganan barang, dan fasilitas penanganan barang yang digunakan (kesiapan dan kecukupan peralatan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:11
Last Modified: 08 Dec 2023 03:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item
View Item