STUDI EKSPERIMEN TAHANAN KAPAL PLANING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 15 DERAJAT DAN STEPPED HULL BERBENTUK 2U


Fadhlurrahman, Fadhlurrahman (2023) STUDI EKSPERIMEN TAHANAN KAPAL PLANING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 15 DERAJAT DAN STEPPED HULL BERBENTUK 2U. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031171519_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D031171519_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031171519_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D031171519_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of D031171519_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D031171519_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D031171519_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D031171519_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam merencanakan desain lambung harus memperhatikan aspek tahanan yang dihasilkan oleh kapal cepat, maka dari itu jenis lambung yang biasa digunakan adalah jenis lambung dengan tipe planing hull yang mana sebagian besar beratnya didukung oleh tekanan hidrodinamik saat melaju dengan kecepatan tinggi. Adapun prinsip dasar dari penggunaan Stepped mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Deadrise angle yang digunakan adalah 15 derajat, Sedangkan desain Stepped yang di gunakan yaitu Stepped 2U. Penelitian ini dilaksanakan melalui eksperimen yang dilakukan dilaboratorium Hidrodinamika kapal untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar nilai tahanan model kapal Deadrise Angel dengan bentuk Stepped 2U pada setiap kondisi trim kapal berdasarkan analisis aplikasi sofware maxsurf. Dari hasil yang diperoleh dapat diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan model kapal dengan menggunakan deadrise Angel 15 derajat Stepped 2U pada setiap kecepatan yang berbeda. Berdasarkan analisa tahanan pada lambung deadrise angle 15 derajat Stepped 2U, diketahui bahwa tahanan total kapal cenderung menurun seiring dengan penambahan jumlah Stepped serta peningkatan kondisi trim kapal. Pada model kapal 3 Stepped 2U memiliki nilai tahanan yang lebih kecil dibandingkan dengan model kapal 1 Stepped 2U dan 2 Stepped 2U. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan Stepped pada model kapal dapat mengurangi tahanan kapal akibat dari pengurangan luas bidang basah kapal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:14
Last Modified: 07 Dec 2023 06:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item
View Item