Arnindha, Ade Syamrisal (2023) STUDI EKSPERIMENTAL TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DENGAN MENGGUNAKAN STEPPED U. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171508_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
D031171508_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg
Download (235kB) | Preview
D031171508_skripsi_09-05-2023 dp.pdf
Download (2MB)
D031171508_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Ade Syamrisal Arnindha//D031171508. “STUDI EKSPERIMENTAL TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DENGAN MENGGUNAKAN STEPPED U”. (Dibimbing oleh Ir. Hj. Rosmani, MT. dan Muhammad Akbar Asis, ST., MT.).
Kapal sebagai moda trasportasi laut di Indonesia menjadi sangat penting belakangan ini mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Ada berbagai jenis type kapal yang berlayar di Indonesia. Salah satunya adalah penumpang kapal cepat (high speed ferry) dimana Kapal ferry cepat ini memiliki kecepatan yang relatif lebih besar dibanding kapal yang lain. ini disebabkan oleh model lambung kapal yang di gunakan. yaitu lambung planning hull. Sehingga saat ini, desain kapal cepat mengalami banyak perubahan atau modifikasi lambung kapal untuk mendapatkan desain yang menjamin performa dan keselamatan kapal. Dalam menjamin performa kapal, aspek yang paling penting untuk dikaji ialah tahanan kapal. Salah satu cara untuk menurunkan tahanan kapal cepat ialah modifikasi bentuk lambung dengan penambahan Stepped hull. Dalam penelitian ini, melakukan studi stepped berbentuk U dengan variasi jumlah; 1 Stepped, 2 Stepped, dan 3 Stepped. Pada pengujian model hasil analisis peningkatan kecepatan menyebabkan, Kenaikan trim kapal. Kemudian dari hasil pengujian yang telah didapatkan, dilakukan perhitungan tahanan kapal dengan menggunakan software maxsurf. lalu didapatkan hasil analisis perbandingan nilai tahanan yang mengalami persentase penurunan, pada stepped 2 dengan kecepatan 2.5 – 3.5 m/s sebesar 31.530%, 30.803%, 30.521%, dan Stepped 3 dengan kecepatan 2.5 – 3.5 m/s sebesar 56.208%, 52.321%, 51.890%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 02:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 02:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28600 |