STUDI EKSPERIMENTAL TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DENGAN MENGGUNAKAN STEPPED U


Arnindha, Ade Syamrisal (2023) STUDI EKSPERIMENTAL TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DENGAN MENGGUNAKAN STEPPED U. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031171508_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf] Text
D031171508_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031171508_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg]
Preview
Image
D031171508_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of D031171508_skripsi_09-05-2023 dp.pdf] Text
D031171508_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D031171508_skripsi_09-05-2023.pdf] Text
D031171508_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Ade Syamrisal Arnindha//D031171508. “STUDI EKSPERIMENTAL TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DENGAN MENGGUNAKAN STEPPED U”. (Dibimbing oleh Ir. Hj. Rosmani, MT. dan Muhammad Akbar Asis, ST., MT.).
Kapal sebagai moda trasportasi laut di Indonesia menjadi sangat penting belakangan ini mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Ada berbagai jenis type kapal yang berlayar di Indonesia. Salah satunya adalah penumpang kapal cepat (high speed ferry) dimana Kapal ferry cepat ini memiliki kecepatan yang relatif lebih besar dibanding kapal yang lain. ini disebabkan oleh model lambung kapal yang di gunakan. yaitu lambung planning hull. Sehingga saat ini, desain kapal cepat mengalami banyak perubahan atau modifikasi lambung kapal untuk mendapatkan desain yang menjamin performa dan keselamatan kapal. Dalam menjamin performa kapal, aspek yang paling penting untuk dikaji ialah tahanan kapal. Salah satu cara untuk menurunkan tahanan kapal cepat ialah modifikasi bentuk lambung dengan penambahan Stepped hull. Dalam penelitian ini, melakukan studi stepped berbentuk U dengan variasi jumlah; 1 Stepped, 2 Stepped, dan 3 Stepped. Pada pengujian model hasil analisis peningkatan kecepatan menyebabkan, Kenaikan trim kapal. Kemudian dari hasil pengujian yang telah didapatkan, dilakukan perhitungan tahanan kapal dengan menggunakan software maxsurf. lalu didapatkan hasil analisis perbandingan nilai tahanan yang mengalami persentase penurunan, pada stepped 2 dengan kecepatan 2.5 – 3.5 m/s sebesar 31.530%, 30.803%, 30.521%, dan Stepped 3 dengan kecepatan 2.5 – 3.5 m/s sebesar 56.208%, 52.321%, 51.890%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:13
Last Modified: 07 Dec 2023 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item
View Item