Strategi Diplomasi Budaya Jepang dalam Mempertahankan Dominasi Pasar Ekonomi di Indonesia = Japanese Cultural Diplomacy Strategy in Maintaining Economic Market Domination in Indonesia


Farid, Wafiqah Azzahrah (2022) Strategi Diplomasi Budaya Jepang dalam Mempertahankan Dominasi Pasar Ekonomi di Indonesia = Japanese Cultural Diplomacy Strategy in Maintaining Economic Market Domination in Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181516_skripsi_31-10-2022 cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181516_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181516_skripsi_31-10-2022 dp.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181516_skripsi_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 September 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Jepang pasca perang dunia kedua yang mulai kehilangan pengaruhnya dalam bidang militer. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa Jepang memiliki kekuatan di sisi kebudayaan negaranya. Diplomasi budaya inilah yang dimanfaatkan Jepang untuk membangun dan mempertahankan hubungannya dengan negara lain, termasuk di Indonesia. Diplomasi budaya yang dilakukan Jepang ini ditujukan untuk mempertahankan pasar ekonominya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi diplomasi budaya Jepang, serta mengidentifikasi peluang dan tantangan diplomasi budaya Jepang dalam mempertahankan pasar ekonominya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data library research melalui berbagai sumber bacaan seperti buku, jurnal, berita, serta sumber lain yang memiliki kredibilitas dan berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan konsep soft power untuk melihat strategi diplomasi budaya Jepang dalam mempertahankan pasar ekonominya di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan konsep diplomasi budaya untuk menganalisis peluang dan tantangan pelaksanaan diplomasi Jepang dalam mempertahankan pasar ekonominya di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah strategi Jepang untuk mempertahankan pasar ekonminya di Indonesia adalah dengan melalui kebudayaan Jepang dalam membangun national branding di Indonesia dan kebijakan luar negeri Jepang untuk mempertahankan pasar di Indonesia. Adapun peluang diplomasi budaya Jepang di Indonesia dapat dilihat dari partisipasi aktif dari aktor Jepang, tujuan diplomasi budaya yang kuat, dan kegiatan-kegiatan yang membangun kedekatan dengan Indonesia. Sedangkan, tantangan diplomasi budaya Jepang di Indonesia adalah kehadiran budaya Korea Selatan di Indonesia yang juga menjamur di Indonesia. Sebagai kesimpulan, Jepang memanfaatkan kekuatan budaya yang dimiliki negaranya untuk melakukan pendekatan ke Indonesia dalam rangka mempertahankan pasarnya di Indonesia. Hal ini tercermin dari langkah-langkah diplomasi budaya yang dilakukan Jepang terhadap Indonesia untuk menjalin kedekatan dengan Indonesia dan membangun nation branding-nya di Indonesia.

Keywords : Strategi, Diplomasi Budaya, Pasar, Jepang, Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Cultural Diplomacy, Market, Japan, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:51
Last Modified: 07 Dec 2023 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28585

Actions (login required)

View Item
View Item