PENGARUH BRAND EQUITY DAN INOVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MS GLOW MAKASSAR)


Anugrah, Fajrah (2023) PENGARUH BRAND EQUITY DAN INOVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MS GLOW MAKASSAR). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A012212055_tesis_14-07-2023 bab 1-2.pdf] Text
A012212055_tesis_14-07-2023 bab 1-2.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of A012212055_tesis_14-07-2023 caver1.jpg]
Preview
Image
A012212055_tesis_14-07-2023 caver1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of A012212055_tesis_14-07-2023 dp.pdf] Text
A012212055_tesis_14-07-2023 dp.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of A012212055_tesis_14-07-2023.pdf] Text
A012212055_tesis_14-07-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
PENGARUH BRAND EQUITY DAN INOVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MS GLOW MAKASSAR)
Fajrah Anugrah
Muhammad Ismail
Wardhani Hakim

Keputusan pembelian konsumen merupakan faktor yang penting dalam menentukan eksistensi suatu perusahaan. Perusahaan harus mempunyai produk yang inovatif agar mampu mencapai penjualan produk yang tinggi dan mempunyai keunggulan dalam bersaing. Sementara itu, brand equity yang dominan akan memberi mutu yang baik kepada pelanggan, sehingga dapat menambah tingkat kepercayaan konsumen dalam kegiatan pembelian produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand equity dan inovasi terhadap keputusan pembelian produk melalui kepuasan pelanggan pada konsumen MS Glow Makassar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory research, untuk mengetahui pengaruh kausalitas antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen MS Glow di kota Makassar, dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan telah memenuhi kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan penyebaran kuesioner. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis SEM-PLS, dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand equity tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan berpengaruh positif dan signifikan pula terhadap keputusan pembelian. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Didapatkan hasil bahwa brand equity dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan mampu menjadi variabel intervening bagi brand equity dan inovasi.
Kata kunci: brand equity, inovasi, keputusan pembelian, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:38
Last Modified: 07 Dec 2023 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28570

Actions (login required)

View Item
View Item