ANALISIS KINERJA OPERASIONAL PENUMPANG ANGKUTAN UMUM MIKRO BUS (PETE-PETE) RUTE KAMPUS UNIVERSITAS HASANUDDIN DI KOTA MAKASSAR


Ramadhan, Muh Januar Achril (2023) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL PENUMPANG ANGKUTAN UMUM MIKRO BUS (PETE-PETE) RUTE KAMPUS UNIVERSITAS HASANUDDIN DI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D011181525_skripsi_08-08-2023 1-2.pdf] Text
D011181525_skripsi_08-08-2023 1-2.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of D011181525_skripsi_08-08-2023 cover1.png]
Preview
Image
D011181525_skripsi_08-08-2023 cover1.png

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of D011181525_skripsi_08-08-2023 dp.pdf] Text
D011181525_skripsi_08-08-2023 dp.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of D011181525_skripsi_08-08-2023.pdf] Text
D011181525_skripsi_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Berdasarkan Data Dinas Perhubungan Kota Makassar, Rute Kampus Universitas Hasanuddin Kota Makassar memiliki 3 trayek angkutan kota dengan jumlah 55 kendaraan yang beroperasi pada saat ini. Hal ini menimbulkan persaingan sesama angkutan kota yang ada karena banyak trayek jalur yang sama. Adapun kiinerja pelayanan angkutan kota di Kota Makassar yang kurang baik, hal tersebut terlihat dari beberapa faktor pelayanan yang sering dikeluhkan oleh pengguna angkutan kota khususnya faktor kenyamanan, keteraturan rute, kemudahan, dan keterjangkauan. Jika kinerja pelayanan tersebut tidak segera dibenahi, dapat berdampak pada penurunan jumlah penumpang, dan dapat juga berdampak pada kelangsungan operasi angkutan kota, penurunan pendapatan asli daerah (PAD) melalui retribusi angkutan kota, dan kemacetan lalu lintas. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah survei langsung di lapangan dengan metode survei di atas kendaraan. Hasil dari penelitian ini yaitu melihat hasil analisis kinerja operasional dan efektivitas ketersediaan kendaraan terhadap angkutan umum (Pete-Pete) trayek kampus Univesitas Hasanuddin di kota Makassar Berdasarkan hasil analisis kinerja operasional pete-pete trayek kampus Universitas Hasanuddin di kota Makassar yaitu hasil analisis penumpang paling banyak ada pada trayek B1 sebesar 255 penumpang, hasil rata-rata analisis load factor paling banyak ada pada trayek B1 sebesar 16%, hasil rata-rata analisis waktu tempuh paling lama ada pada kode B1 sebesar 93 menit, hasil rata-rata analisis headway paling lama ada pada kode F1 sebesar 4 menit, hasil analisis ketersediaan kendaraan umum paling banyak ada pada trayek B1 sebesar 29%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:40
Last Modified: 30 Nov 2023 02:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28537

Actions (login required)

View Item
View Item