KAJIAN ADAPTASI TERHADAP BANJIR DI KOTA MAKASSAR


Bahri, Syamsul (2018) KAJIAN ADAPTASI TERHADAP BANJIR DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
Tesis.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik banjir dan adaptasi yang dilakukan masyarakat (2) menganalisis kebijakan/ program Pemkot Makassar untuk meminimalkan dampak banjir, dan (3) memberikan arahan adaptasi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan di daerah paling terdampak banjir (9 kelurahan di 4 kecamatan) di Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan analisis kualitatif. Analisis kebijakan/program dengan menggunakan kriteria efektivitas, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik banjir di lokasi kajian mulai ketinggian 0.5 hingga 1.5 m, surut paling cepat 1 hari dan paling lama hingga lebih 10 hari. Banjir berdampak terhadap kondisi sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Masyarakat melakukan adaptasi seperti meninggikan pondasi/lantai rumah, membuat tanggul depan pintu rumah, membuat tempat penyimpanan barang sementara saat banjir, mengubah rumah batu manjadi rumah kayu, membuat penutup sumur bor yang lebih tinggi, menyipakan kebutuhan konsumsi dan perahu menjelang musim hujan. (2) program pembangunan dan normalisasi drainase oleh Dinas PU belum memenuhi kriteria kecukupan dan responsivitas. (3) arahan adaptasi dapat dilakukan dengan meningkatkan penyebarluasan informasi peringatan dini, membangun tempat pengungsian di lokasi jumlah terdampak tinggi dan mempercepat proses penyerahan fasum/fasos perumahan di lokasi rawan banjir.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:42
Last Modified: 29 Nov 2023 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item
View Item