TRAUMA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SHOKUZAI ( 贖罪 ) KARYA MINATO KANAE (PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA)


Marniati, Marniati (2023) TRAUMA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SHOKUZAI ( 贖罪 ) KARYA MINATO KANAE (PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F081181005_skripsi_06-02-2023 COVER1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F081181005_skripsi_06-02-2023 DP.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F081181005_skripsi_06-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F081181005_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Marniati, Trauma Tokoh Utama Dalam Novel Shokuzai (贖罪) Karya Minato Kanae (Pendekatan Psikologi Sastra). Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Dibimbing oleh Nursidah , S.Pd., M.Pd dan Yunita El Risman, S.S., M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis trauma dan respon terhadap trauma yang dialami para tokoh utama yaitu Sae, Maki, Akiko dan Yuka dalam novel Shokuzai karya Minato Kanae. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan masalah trauma yang dialami para tokoh utama menggunakan kajian psikologi abnormal Mendatu dengan pendekatan psikologi sastra. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, atau dilakukan dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, jenis trauma yang dialami tokoh Sae, Maki, Akiko dan Yuka yaitu trauma Interpersonal, sedangkan tokoh Yuka selain mengalami trauma Interpersonal Yuka juga mengalami trauma Kelekatan. Kedua, respon umum terhadap trauma yang dialami para keempat tokoh utama terhadap trauma. Pertama, tokoh Sae mengalami tiga respon yaitu respon emosional (takut dan khawatir), respon kognitif atau pikiran (ingin menyembunyikan diri, kesulitan mengingat kejadian, mengalami flasback, dan memandang diri secara negatif), respon fisiologis atau fisik (sakit kepala dan gangguan menstruasi). Kedua, tokoh Maki mengalami tiga respon yaitu respon emosional (takut dan khawatir, tertekan), respon kognitif atau pikiran (merasa tanpa harapan, memaksa melupakan, memandang diri secara negatif, dan mengingat kembali kejadian), respon perilaku (kesulitan mengontrol tindakan). Ketiga, tokoh Akiko mengalami tiga respon yaitu respon kognitif atau pikiran (menyalahkan diri sendiri, merasa tanpa harapan, mengalami flashback), respon perilaku (mengisolasi diri dari orang lain), respon fisiologis atau fisik (sakit kepala). Keempat, tokoh Yuka mengalami tiga respon yaitu respon emosional (merasa diabaikan), respon kognitif atau pikiran (mengingat kembali kejadian), dan respon perilaku (bertindak agresif).
Kata kunci: novel, tokoh utama, psikologi sastra, trauma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: novel, tokoh utama, psikologi sastra, trauma
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:23
Last Modified: 28 Nov 2023 01:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28490

Actions (login required)

View Item
View Item