ANALISIS KEBUTUHAN DALAM MENDESAIN SILABUS DAN PROTOTIPE BAHAN AJAR UNTUK PROGRAM PERSIAPAN UJIAN MASUK PKN-STAN


Basri, Muh. Hasan (2019) ANALISIS KEBUTUHAN DALAM MENDESAIN SILABUS DAN PROTOTIPE BAHAN AJAR UNTUK PROGRAM PERSIAPAN UJIAN MASUK PKN-STAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of file text] Text (file text)
thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan untuk merancang silabus dan prototipe materi ajar berdasar pada kebutuhan calon siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif di mana kuesioner diberikan kepada calon siswa dan siswa PKN-STAN serta wawancara kepada alumni PKN-STAN, dosen, dan guru bahasa Inggris untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai kebutuhan calon siswa. Data dianalisa menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan calon siswa dalam merancang sebuah silabus dan prototipe materi ajar program persiapan ujian masuk PKN-STAN. Silabus yang ditawarkan menyajikan aspek materi ajar tentang structure & written expression dan reading comprehension. Silabus diterapkan dalam merancang prototipe materi ajar yang dilengkapi dengan latihan-latihan. Demikian pula, silabus dirancang dengan memperhatikan aspek tujuan dan aktifitas pembelajaran yang variatif yang mempu menjembatani kesenjangan antara pengetahuan awal siswa dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk tujuan ujian masuk PKN-STAN.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:07
Last Modified: 21 Nov 2023 06:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28432

Actions (login required)

View Item
View Item