Muhasif, Rina (2023) PERUBAHAN PERILAKU BELANJA MASYARAKAT TERHADAP HADIRNYA APLIKASI BELANJA ONLINE (SHOPEE) DI DESA DULANG, KECAMATAN MALUA, KABUPATEN ENREKANG = CHANGES IN PUBLIC SHOPPING BEHAVIOR TOWARDS THE PRESENCE OF AN ONLINE SHOPPING APPLICATION (SHOPEE) IN DULANG VILLAGE, MALUA DISTRICT, ENREKANG REGECY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E031191007_skripsi_21-08-2023 cover1.png
Download (122kB) | Preview
E031191007_skripsi_21-08-2023 1-2.pdf
Download (616kB)
E031191007_skripsi_21-08-2023 dp.pdf
Download (1MB)
E031191007_skripsi_21-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 September 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Rina Muhasif (E031191007), PERUBAHAN PERILAKU BELANJA
MASYARAKAT TERHADAP HADIRNYA APLIKASI BELANJA ONLINE
(SHOPEE) DI DESA DULANG, KECAMATAN MALUA, KABUPATEN
ENREKANG, Dibimbing oleh Dr. Mansyur Radjab, M. Si dan Arini Enar
Lestari AR, S.Pd., M.Sos.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perubahan perilaku belanja
masyarakat etrahdap hadirnya aplikasi belanja online (Shopee) dan untuk
mengetahui faktor yang mendorong masyarakat lebih memilih aplikasi belanja
onlien (Shopee) dalam melakukan aktivitas belanja di Desa Dulang, Kecamatan
Malua, Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan tipe penelitian deskrptif dan strategi penelitian menggunakan studi
kasus. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil delapan warga dari desa Dulang,
Kecamatan Malua, Kabupaten Enrekang dari berbagai profesi. Penentuan informan
dengan purposive sampling dan snowball sampling yang memenuhi karakteristik
sebagai informan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa masyarakat di desa
Dulang, kecamatan Malua, kabupaten Enrekang mengalami bentuk perubahan
perilaku belanja dari belanja konvensional ke belanja online dalam hal pemilihan,
pembelian, pengiriman barang, dan pemanfaatan serta menjadikan shopee sebagai
wadah berbisnis yang tentunya perubahan perilaku belanja ini didasari oleh
beberapa pertimbangan dan pilihan yang rasional. Faktor pendorong masyarakat
lebih memilih aplikasi belanja online (Shopee) berdasarkan pilihan rasional yang
meliputi tiga aspek yaitu preferensi, perhitungan (biaya), pemanfaatan.
Kata Kunci: Bentuk Perubahan perilaku, Belanja online, Aplikasi Shopee
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Forms of behavior change, Online Shopping, Shopee App. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 06:43 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 06:43 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28223 |