Analisis Semiotika pada Atribut dan Gerak Tari Pabbitte Passapu’ di Kawasan Adat Kajang Ammatoa = Semiotic Analysis of the Attributes and Dance Movement of Pabbitte Passapu' in the Kajang Ammatoa Customary Area


Marko, Andy (2023) Analisis Semiotika pada Atribut dan Gerak Tari Pabbitte Passapu’ di Kawasan Adat Kajang Ammatoa = Semiotic Analysis of the Attributes and Dance Movement of Pabbitte Passapu' in the Kajang Ammatoa Customary Area. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31116020_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31116020_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31116020_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31116020_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ANDY MARKO : Analisis Semiotika pada Atribut dan Gerak Tari Pabbitte Passapu’ di Kawasan Adat Kajang Ammatoa. (Dibimbing oleh Muhammad Farid dan Kahar).
Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui representasi tanda dan makna tanda pada atribut dan gerakan dalam tarian Pabbitte Passapu’ di kawasan adat Kajang Ammatoa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Adapun yang menjadi informan adalah penari dan masyarakat kawasan adat Kajang Ammatoa yang dianggap menguasai dan memahami tari Pabbitte Passapu’ secara mendalam. Peneliti berusaha mencari makna tanda pada atribut dan gerakan tari Pabbitte Passapu’ di kawasan adat Kajang Ammatoa. Kemudian peneliti akan menganalisa makna tanda pada atribut dan gerakan tari Pabbitte Passapu’ dengan menggunakan kajian semiotika yang diperkenalkan oleh Charles Sanders Pierce.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa Tari Pabbitte adalah suatu hiburan dan bentuk larangan untuk tidak melakukan persabungan ayam. Makna tanda atribut dan gerakan tari Pabbitte Passapu’ adalah identitas yang didalamnya terkandung nilai-nilai Pasang Ri Kajang (Pesan Leluhur Kajang) dan wujud dari gambaran kisah persabungan ayam Sawere Gading dengan I Laga Ligo. Pabbitte (sabung) dengan menggunakan Passapu’ ialah amanah dari Ammatoa Riolo agar sabung ayam yang dianggap hiburan bagi masyarakat dihilangkan karena menimbulkan perkelahian.

Keywords : Makna Atribut dan Gerakan, Tari Pabbitte Passapu’, Semiotika, Representasi, Interpretasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meaning of Attributes and Movements, Pabbitte Passapu’ Dance, Semiotics, Representation, Interpretation
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Nov 2023 05:09
Last Modified: 07 Nov 2023 05:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28191

Actions (login required)

View Item
View Item