PENGARUH AKUN INSTAGRAM @INFOPROMO.MAKASSAR TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA FOLLOWERS = THE EFFECT OF INSTAGRAM ACCOUNT @INFOPROMO.MAKASSAR ON IMPULSE BUYING BEHAVIOR ON FOLLOWERS


Annisa, Husnul (2022) PENGARUH AKUN INSTAGRAM @INFOPROMO.MAKASSAR TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA FOLLOWERS = THE EFFECT OF INSTAGRAM ACCOUNT @INFOPROMO.MAKASSAR ON IMPULSE BUYING BEHAVIOR ON FOLLOWERS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31115305_skripsi_07-11-2022 cover1.png

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31115305_skripsi_07-11-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31115305_skripsi_07-11-2022 dp.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31115305_skripsi_07-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

HUSNUL ANNISA. Pengaruh Akun Instagram @Infopromo.Makassar Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Followers. (Dibimbing oleh M. Iqbal Sultan dan Arianto).

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui tingkat penggunaaan Instagram pada followers @infopromo.makassar; (2) untuk mengetahui tingkat perilaku impulse buying pada followers @infopromo.makassar; (3) untuk mengetahui pengaruh akun Instagram @infopromo.makassar terhadap perilaku
impulse buying pada followers;

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah followers (pengikut) akun Instagram @infopromo.makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Total responden yang didapatkan sebanyak 385 responden. Data primer dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data sekundernya dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan literatur yang relevan dengan objek penelitian. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya diolah dengan program SPSS lalu disajikan dalam bentuk tabel frekuensi kemudian dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat penggunaaan Instagram pada followers akun Instagram @infopromo.makassar mayoritas termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 87,5% dan tingkat perilaku impulse buying pada followers akun Instagram @infopromo.makassar mayoritas termasuk dalam kategori rendah sebesar 54,3%. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji analisis korelasi pearson diketahui bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara penggunaan Instagram dengan perilaku impulse buying pada followers dengan nilai Sig 0,000 dan koefisien korelasi Rxy sebesar 0,450. Kemudian dari uji regresi linier sederhana diketahui bahwa penggunaaan Instagram @infopromo.makassar mempunyai pengaruh terhadap perilaku impulse buying pada followers dengan nilai koefisien konstanta sebesar 5,937 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,523.

Keywords : Media sosial, Instagram, Impulse buying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Instagram, Impulse buying
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:54
Last Modified: 07 Nov 2023 04:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28181

Actions (login required)

View Item
View Item