POLA AKOMODASI KOMUNIKASI ANTARA PEMBIMBING DAN KLIEN PEMASYARAKATAN BEDA BUDAYA DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I MANOKWARI GUNA PERCEPATAN REINTEGRASI = THE PATTERNS OF COMMUNICATION ACCOMMODATION BETWEEN PAROLE OFFICERS AND CLIENTS WITH DIFFERENT CULTURE IN CLASS I PROBATION AND PAROLE OFFICE OF MANOKWARI TO ACCELERATE REINTEGRATION


Lande, Marlien (2023) POLA AKOMODASI KOMUNIKASI ANTARA PEMBIMBING DAN KLIEN PEMASYARAKATAN BEDA BUDAYA DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I MANOKWARI GUNA PERCEPATAN REINTEGRASI = THE PATTERNS OF COMMUNICATION ACCOMMODATION BETWEEN PAROLE OFFICERS AND CLIENTS WITH DIFFERENT CULTURE IN CLASS I PROBATION AND PAROLE OFFICE OF MANOKWARI TO ACCELERATE REINTEGRATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211019_tesis_16-06-2023 cover1.png

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211019_tesis_16-06-2023 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211019_tesis_16-06-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211019_tesis_16-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) bentuk konvergensi komunikasi antara pembimbing dan klien pemasyarakatan beda budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari; (2) bentuk divergensi pada komunikasi antara pembimbing dan klien pemasyarakatan beda budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari; (3) penyesuaian berlebihan pada komunikasi antara pembimbing dan klien pemasyarakatan beda budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari; dan (4) pola akomodasi komunikasi antara pembimbing dan klien pemasyarakatan beda budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari guna percepatan reintegrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi nonpartisipan terhadap informan internal (pembimbing kemasyarakatan) dan eksternal (klien pemasyarakatan) di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari. Tekni penarikan informan adalah sampling purposif berdasarkan syarat seperti beda budaya antarinforman. Data sekunder diperoleh melalui referensi peraturan perundangan yang berlaku, buku online maupun cetak, dan karya ilmiah. Penganalisisan data menggunakan analisis Miles dan Huberman, yakni melalui tahap-tahap pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga bentuk akomodasi komunikasi tercipta antara pembimbing dan klien pemasyarakatan, yakni (1) konvergensi dialek Papua untuk mencapai kesamaan makna; (2) divergensi aksen dan dialek terjadi akibat ketidakmampuan menyesuaikan; (3) penyesuaian berlebihan dilakukan secara tidak sadar oleh pembimbing, namun klien tidak dapat menghindarinya; dan (4) pola akomodasi komunikasi menunjukkan para informan saling melakukan akomodasi. Rekomendasi penelitian ini adalah pembimbing selayaknya memiliki pemahaman budaya klien sehingga komunikasi menjadi efektif dan tujuan reintegrasi sosial tercapai dengan maksimal.

Keywords : akomodasi komunikasi, pembimbing kemasyarakatan, klien pemasyarakatan, dialek

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication accommodation, Parole officer, Correctional clint, Dialect
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:55
Last Modified: 19 Oct 2023 01:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item
View Item