ANALISIS KOMUNIKASI ANTARA ORANG BONE DAN MAKASSAR DI MEDIA SOSIAL (YOUTUBE) TERKAIT RELASI SEJARAH MASA LALU BONE DAN MAKASSAR (STUDI ETNOGRAFI DIGITAL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA) = ANALYSIS OF COMMUNICATION BETWEEN BONE AND MAKASSAR PEOPLE ON SOCIAL MEDIA (YOUTUBE) RELATED TO THE PAST HISTORICAL RELATIONSHIP OF BONE AND MAKASSAR (DIGITAL ETNOGRAPHY STUDY OF INTERCULTURAL COMMUNICATION)


Muktamar, Awal (2023) ANALISIS KOMUNIKASI ANTARA ORANG BONE DAN MAKASSAR DI MEDIA SOSIAL (YOUTUBE) TERKAIT RELASI SEJARAH MASA LALU BONE DAN MAKASSAR (STUDI ETNOGRAFI DIGITAL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA) = ANALYSIS OF COMMUNICATION BETWEEN BONE AND MAKASSAR PEOPLE ON SOCIAL MEDIA (YOUTUBE) RELATED TO THE PAST HISTORICAL RELATIONSHIP OF BONE AND MAKASSAR (DIGITAL ETNOGRAPHY STUDY OF INTERCULTURAL COMMUNICATION). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022201014_tesis_07-06-2023 cover1.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022201014_tesis_07-06-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022201014_tesis_07-06-2023 dp.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022201014_tesis_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

AWAL MUKTAMAR. Analisis Komunikasi antara Orang Bone dan Makassar di Media Sosial (Youtube) terkait Relasi Sejarah Masa Lalu Bone dan Makassar: Studi Etnografi Digital Komunikasi Antarbudaya
(dibimbing oleh Muliadi Mau dan Arianto).

Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) pandangan orang Bone dan Makassar tentang seiarah kelam masa lalu mereka di Youtube dan (2) komunikasi antara orang Bone dan Makassar di media sosial (Youtube) terkait relasi sejarah masa lalu mereka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografi digital untuk melihat bagaimana pandangan dan aktivitas komunikasi antara orang Bone dan Makassar di Youtube secara mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi teks, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kategorisasi terkait pandangan yang ada tentang sejarah masa lalu tersebut, yaitu (a)
bangga dengan identitas dan kekayaan sejarahnya; (b) mengedepankan persaudaraan, persatuan, ataupun perdamaian; (c) mengambil pelajaran dari peristiwa masa lalu; dan (d) pandangan negatif berupa penghakiman penghianat terhadap pihak Arung Palakka ataupun pihak Bone dan kemudian pihak tersebut memandang pihak terkait adalah peniajah terhadap pihak Bone saat itu. Komunikasi antara orang Bone dan Makassar di media sosial (Youtube) terkait seiarah masa lalu mereka masih sangat aktif dan cenderung terjadi ketika dipicu oleh sejumlah ungkapan yang merendahkan dan dianggap menghina pihak Bone atau pun pahlawan mereka, yaitu Arung Palakka sehingga komunikasi yang ada masih menampilkan akibat-akibat relasi sejarah kelam masa lalu Bone dan Makassar. Terdapat pula beberapa percakapan yang merespon hal tersebut dengan maksud mengingatkan kembali dan mendamaikan sejumlah pihak yang terlibat perdebatan.

Keywords : Sejarah, komunikasi antarbudaya, orang Bone, orang Makassar, youtube.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: History, Intercultural Communication, Bone people, Makassar people, Youtue
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:49
Last Modified: 16 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item
View Item