PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP INOVASI PELAYANAN PENGADUAN MELALUI APLIKASI BARUGA SULSEL DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMASI, STATISTIK, DAN PERSANDIAN PROVINSI SULAWESI SELATAN = PUBLIC PERCEPTION OF COMPLAINT SERVISE INNOVATION THROUGH THE NEW SULSEL APPLICATION AT THE COMUUNICATION , INFORMATION, STATISTIC, AND CODE OF SOUTH SULAWESI PROVINCE


Saputra, Agung Dwimiarto (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP INOVASI PELAYANAN PENGADUAN MELALUI APLIKASI BARUGA SULSEL DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMASI, STATISTIK, DAN PERSANDIAN PROVINSI SULAWESI SELATAN = PUBLIC PERCEPTION OF COMPLAINT SERVISE INNOVATION THROUGH THE NEW SULSEL APPLICATION AT THE COMUUNICATION , INFORMATION, STATISTIC, AND CODE OF SOUTH SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21115307_skripsi_25-10-2022 cover1.png

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E21115307_skripsi_25-10-2022 1-2.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21115307_skripsi_25-10-2022 dp.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21115307_skripsi_25-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Agung Dwi Miarto Saputra, Nomor Pokok E21115307 menyusun skripsi yang berjudul: “Persepi Masyarakat Terhadap Inovasi Pelayanan Pengaduan Melalui Aplikasi BARUGA SULSEL Di Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, Dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan” : xv + 110 halaman + 10 gambar + 23 Daftar Pustaka, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Sangkala, M. Si. Dan Bapak Dr. Badu Ahmad, M.Si.
Inovasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan masyarakat dalam hal ini Aplikasi BARUGA SULSEL adalah salah satu aplikasi yang digagas Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan yang kini telah menjadi aplikasi umum dan wajib diterapkan di seluruh Daerah Kabupaten atau Kota yang ada di Sulawesi Selatan yang menampung aduan/aspirasi masyarakat terhadap pelayanan publik. Diterapkannya inovasi ini bertujuan agar semua aduan masyarakat dapat terkoondinasi dengan baik.hal ini tentunya membuat pelapor lebih mudah, efisien, dan transparansi dalam mengadu.
Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif.Fokus pada inovasi Aplikasi BARUGA SULSEL di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang dikelola oleh Diskominfo yang memakai Teori Tipologi inovasi dari Mulgan dan Albury.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumen.Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, danSaldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Aplikasi BARUGA SULSEL memiliki unsur-unsur tipologi inovasi yaitu inovasi produk layanan BARUGA SULSEL tersebut, menerima aduan metode online dan terkoordinasi dengan dinas yang terkait dan juga melahirkan pelayanan yang bersifat transparan. BARUGA SULSEL juga merupakan inovasi proses layanan karena adanya perubahan alur pelayanan yang berbeda dari sebelumnya. Inovasi metode layanan BARUGA SULSEL yaitu bisa diakses oleh masyarakat melalui handphone.BARUGA SULSEL juga memiliki inovasi kebijakan karena hadirnya BARUGA SULSEL dilandasi oleh kebijakan serta langkah strategis oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dan memiliki tujuan untuk kedepannya.Inovasi sistem layanan yaitu terlibatnya pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan Admin dalam mengelola aduan serta aspirasi pada aplikasi BARUGA SULSEL.

Keywords : Inovasi, Layanan Pengaduan, Aplikasi, Aduan Online, BARUGA SULSEL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Complaint Service, Application, Online Complaint, BARUGA SULSEL
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:04
Last Modified: 27 Sep 2023 08:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28013

Actions (login required)

View Item
View Item