Implementasi Kebijakan Tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Di Kabupaten Mamasa = Implementation of Policy Concerning the Master Plan for Tourism Development in Mamasa Regency


Matasak, Jackson Palalunan (2023) Implementasi Kebijakan Tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Di Kabupaten Mamasa = Implementation of Policy Concerning the Master Plan for Tourism Development in Mamasa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E12116510_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E12116510_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E12116510_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E12116510_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

JACKSON PALALUNAN MATASAK, E1216510 Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universtias Hasanuddin, menyusun skripsi dengan judul “Implementasi Kebijakan Tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Di Kabupaten Mamasa”

Otonomi daerah sebagai konsekuensi sistemik dari gerakan reformasi sistem pemerintahan di Indonesia membawa telah dampak besar bagi nilai kesenjangan pembangunan antar daerah, sehingga penting menelusuri segala kebijakan yang terkait secara langsung dengan aktifitas pembangunan dan pengelolaan aset Daerah, terkhusus sektor pariwisata yang merupakan salah satu aset berharga dalam mendongkrak PAD dan ekonomi masyarakat di daerah dan dalam hal ini kebijakan pengembangan kepariwisataan di kabupaten Mamasa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merujuk pada upaya mempelajari kehidupan sosial melalui beragam dimensi dari tindakan dan keadaan. Penelitian kualitatif digunakan untuk menangkap, dan mengungkapkan fakta dari penelitian secara deskriptif, dengan diawali pada analisa konteks kebijakannya hingga penerapan kebijakan pengembangan kepariwisataan di kabupaten mamasa, dan secara eksploratif, hasil wawancara tersebut akan dieksplor dalam sudut pandang implentasi kebijakan untuk mengungkap secara jelas implementasi kebijakan pengembangan kepariwisataan di kabupaten Mamasa.

Berdasar pada proses penelitian, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah implementasi kebijakan pengembangan kepariwisataan di kabupaten Mamasa belum berhasil jika dilihat dari enam variabel implementasi berdasarkan pada standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana, komunikasi antar organisasi, disposisi atau sikap para pelaksana, dan lingkungan sosial, ekonomi dan politik dalam proses pengembangan. Lebih lanjut, faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan adalah isi kebijakan, informasi, dukungan, pembagian potensi.

Keywords : Implementasi, Kebijakan, dan Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Policy, and Development
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:50
Last Modified: 27 Sep 2023 07:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27982

Actions (login required)

View Item
View Item