PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORD WALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SALAKA, KABUPATEN TAKALAR


RAHMAWATI, RAHMAWATI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORD WALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SALAKA, KABUPATEN TAKALAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_F41115501_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_F41115501(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_F41115501(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_F41115501(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMAWATI. 2019 “Pengaruh Penggunaan Media Word Wall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Salaka Kecamatan Pattallassang. Dibimbing oleh pembimbing I Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I, dan pembimbing II Mujadilah Nur, S.S, M.Hum.
Skripsi ini membahas pengaruh penggunaan media word wall pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Salaka Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media word wall. Mendeskripsikan cara penggunaan media word wall, dan menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran word wall pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Salaka Kecamatan Pattallassang dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, Dalam hal ini peneliti terlibat langsung dalam penerapan media pembelajaran. Ada beberapa metode pengumpulan data yang digunakan, mulai dari metode observasi, pre-test sebelum penerapan media pembelajaran, post-test setelah penerapan media pembelajaran word wall, dan metode wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis ststistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab adalah buku paket. Adapun penerapan media pembelajaran word wall dilakukan dengan cara peserta didik dibagi ke dalam tiga kelompok, setiap anggota kelompok mendapat memo stick. Kemudian peneliti mengintruksikan kepada peserta didik untuk melakukan menulis kosakata bahasa Arab kedalam memo stick yang sudah dibagikan setiap anggota kelompok. Hasil penerapan media pembelajaran word wall menunjukkan bahwa kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Salaka mengalami peningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa, baik keterampilan mendengarkan (maharah al-istima‟), keterampilan berbicara (maharah al-kalam), keterampilan membaca (maharah al-qira‟ah), keterampilan menulis (maharah al-kitabah). Hal ini dapat dilihat dari perbandingan kuesioner sebelum media word wall dari keseluruhan siswa hanya memperoleh nilai 25% dan 71,5% sesudah pembelajaran diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Feb 2021 03:30
Last Modified: 28 Feb 2021 03:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item
View Item