Prediksi Course Stability Index Kapal Feri dengan Computational Fluid Dynamic = Course Stability Index Prediction of Feri Ship with Computational Fluid Dynamic


Sudirman, Lela (2022) Prediksi Course Stability Index Kapal Feri dengan Computational Fluid Dynamic = Course Stability Index Prediction of Feri Ship with Computational Fluid Dynamic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091181001_skripsi_09-02-2023 cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D091181001_skripsi_09-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091181001_skripsi_09-02-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091181001_skripsi_09-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

KMP Bontoharu merupakan kapal jenis feri ro-ro yang membawa
penumpang dan kendaraan, dioperasikan di perairan penyebrangan dari pelabuhan Bira, Bulukumba ke Pelabuhan Selayar. Sejak pendesainan awal hingga kapal selesai dibangun, sejumlah pengujian eksklusif juga dilakukan, khususnya yang berhubungan dengan kemampuan operasi kapal. Pengujian tersebut diantaranya adalah pengujian kecepatan kapal dan pengujian kemampuan olah gerak kapal.
Dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui koefisien hidrodinamika kapal dan course stability index dengan computational fluid dynamic, menggunakan variasi kedalaman h/T = 4 (deep water), h/T = 2 (medium deep water), h/T = 1,3 (shallow water) dengan variasi sudut drift 0ᵒ, 4ᵒ, 8ᵒ, 12ᵒ dan 16ᵒ dan variasi jarak R. Berdasarkan hasil simulasi menggunakan CFD, pengaruh yang ditimbulkan lambung kapal yaitu menunjukkan Tahanan kapal dengan variasi kecepatan 9 – 12,864 knot, disimpulkan bahwa tahanan semakin
meningkat seiring dengan penambahan kecepatan dan semakin meningkat pula seiring dengan pengurangan kedalaman. Kemudian, menunjukkan koefisien hidrodinamika khususnya manuver kapal, dapat diturunkan dari perhitungan gaya
dan momen berdasarkan hasil simulasi CFD. Disimpulkan bahwa nilai surge force akan menurun seiring meningkatnya drift lambung kapal sebaliknya sway force dan momen yaw hidrodinamika akan meningkat terhadap sudut drift lambung
kapal. Sedangkan pada variasi jarak R terjadi penurunan surge force dan terjadi kenaikan pada sway force dan momen yaw hidrodinamika pada setiap variasi kedalaman. Berdasarkan koefisien hidrodinamika didapat course stability index
h/T = 4 sebesar 0,00026 ; h/T = 2 sebesar 0,00031 dan h/T = 1.3 sebesar 0,00037 dengan rata-rata sebesar 0,00031%.

Kata kunci : Kapal feri, Tahanan kapal, Koefisien hidrodinamika, Course stability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ferries, ship resistance, hydrodynamic coefficient, course stability
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2023 00:38
Last Modified: 27 Sep 2023 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27881

Actions (login required)

View Item
View Item