SIGAJANG LALENG LIPA : STUDI TRANSFORMASI TRADISI PENYELESAIAN SENGKETA MENJADI SENI PERTUNJUKAN = SIGAJANG LALENG LIPA : Study of the Transformation of Dispute Resolution Traditions into Performing Arts


Marlias, Ayub Saputra (2023) SIGAJANG LALENG LIPA : STUDI TRANSFORMASI TRADISI PENYELESAIAN SENGKETA MENJADI SENI PERTUNJUKAN = SIGAJANG LALENG LIPA : Study of the Transformation of Dispute Resolution Traditions into Performing Arts. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071181501_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E071181501_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181501_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181501_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2025.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

Kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beragam budaya dan tradisi, salah satu tradisi yang paling banyak kita dengar di masa lampau yaitu tradisi sigajang laleng lipa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sigajang laleng lipa dimasa lalu dan dimasa sekarang yang bertransformasi menjadi pementasan seni. Maka berangkat dari tradisi diatas peneliti merumuskan yaitu bagaimana transformasi dari hal yang sakral menajdi hal yang profan yang dulunya hal ini tidak dapat dipertontonkan di depan umum tapi sekarang dapat ditonton didepan tamu undangan yang memesan untuk diadakan pementasan sigajang laleng lipa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi atau pengamatan,wawancara mendalam,studi literatur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa sigajang laleng lipa dimaknai sebagai salah satu industri di bidang hiburan dimasa sekarang, Transformasi sigajang laleng lipa terjadi karena perubahan cara pandang generasi muda yang lebih melihatnya sebagai warisan budaya yang perlu dilestarikan, dan melihat aspek seni dan nilai yang lebih penting, sehingga mengalahkan sisi kekerasan yang lebih dikenal masyarakat. Selain itu, cara ini para seniman gunakan untuk mengubah persepsi masyarakat dari memandang sigajang laleng lipa sebagai sesuatu yang tabu dan menakutkan untuk dibicarakan secara umum, menjadi sesuatu yang menarik dilihat dan mengandung banyak pelajaran berguna.

Keywords : Sigajang laleng lipa, Tradisi, Transformasi, Seni Pertunjukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sigajang laleng lipa, Traditionn, Transformation, Performing Arts
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:20
Last Modified: 20 Sep 2023 03:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27806

Actions (login required)

View Item
View Item