POLA KONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI BAGI REMAJA PUTRI DI NIPAH MALL MAKASSAR = CONSUMPTION PATTERNS OF FAST FOOD FOR ADOLESCENT WOMEN IN NIPAH MALL MAKASSAR


Khairunnisa, Gusti Aisyah (2023) POLA KONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI BAGI REMAJA PUTRI DI NIPAH MALL MAKASSAR = CONSUMPTION PATTERNS OF FAST FOOD FOR ADOLESCENT WOMEN IN NIPAH MALL MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51116511_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E51116511_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51116511_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51116511_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Dewasa ini manusia semakin disibukkan oleh rutinitas padat yang seringkali membuat seseorang tidak dapat meninggalkan pekerjaannya untuk sekedar makan. Permasalahan ini kemudian menjadi alasan kemunculan berbagai restoran cepat saji yang menyediakan layanan penyajian makanan yang cepat. Masyarakat khususnya kalangan muda cenderung lebih sering makan di restoran cepat saji, yang mengakibatkan para remaja memiliki ragam makanan yang dikonsumsi. Perilaku makan yang salah pada masa remaja ini nantinya akan menyebabkan remaja tidak mendapatkan gizi yang seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan remaja putri mengenai makanan siap saji dan apa saja faktor pendorong remaja putri untuk mengkonsumsi makanan siap saji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam, yang dilaksanakan di Kota Makassar. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 7 orang remaja putri yang mengonsumsi makanan siap saji, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan remaja putri mengenai makanan siap saji berasal dari iklan atau promosi yang dijumpai di tayangan televisi maupun media sosial. Rasa yang mudah diterima lidah masyarakat Indonesia, pelayanan restoran yang baik, dan juga harga yang terjangkau mempengaruhi para remaja putri untuk mengonsumsi makanan cepat saji. Sementara itu, faktor pendorong para remaja putri untuk mengonsumsi makanan cepat saji antara lain karena praktis atau mudah diperoleh, waktu penyajian yang singkat, kebiasaan makan, kebutuhan konten, interior ruangan, pelayanan restoran, dan program promosi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kebiasaan makan seseorang dapat dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal, yang mengakibatkan makanan cepat saji merupakan pilihan yang cocok untuk dikonsumsi para remaja putri.

Kata kunci: Makanan cepat saji, Remaja putri, Kebiasaan makan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fast food, Female teenagers, Eating habits
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:57
Last Modified: 19 Sep 2023 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27737

Actions (login required)

View Item
View Item