KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP IR. H. MUCHLIS A. MISBAH DALAM PEMILU LEGISLATIF DI KOTA MAKASSAR = PUBLIC TRUST TO IR. H. MUCHLIS A. MISBAH IN LEGISLATIVE ELECTIONS OF THE CITY OF MAKASSAR


Ramadani, Risda Amalia (2023) KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP IR. H. MUCHLIS A. MISBAH DALAM PEMILU LEGISLATIF DI KOTA MAKASSAR = PUBLIC TRUST TO IR. H. MUCHLIS A. MISBAH IN LEGISLATIVE ELECTIONS OF THE CITY OF MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041191041_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E041191041_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041191041_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041191041_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Risda Amalia Ramadani E041191041. Kepercayaan Masyarakat Terhadap Ir. H. Muchlis A. Misbah Dalam Pemilu Legislatif Di Kota Makassar. Di bawah bimbingan Gustiana A. Kambo sebagai Pembimbing Utama dan Ummi Suci Fathia Bailusy sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan Ir. H. Muchlis A Misbah dalam menjaga kepercayaan masyarakat di Kota Makassar. Ir. H. Muchlis A. Misbah melakukan berbagai upaya dalam membangun kepercayaan di tengah masyarakat Kelurahan Maccini. Kepercayaan yang dibangun oleh Ir. H. Muchlis A Misbah ini yang timbul pada masyarakat Maccini tidak lepas dari personal branding yang telah ia lakukan selama 20 tahun.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian dibahas dalam kerangka teoritis konsep kepercayaan politik dan teori perilaku pemilih.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ir. H. Muchlis A. Misbah menjaga kepercayaan masyarakat melalui 3 cara. Pertama, kemampuan mewujudkan kebutuhan masyarakat Kelurahan Maccini. Pembangunan fisik yang diperjuangkan oleh Ir. H. Muchlis A. Misbah di Kelurahan Maccini sangat bermanfaat untuk masyarakat seperti perbaikan jalan dan drainase, penyediaan kursi di tiap RW, bantuan pembangunan mesjid, bantuan fogging, dan bantuan pendidikan yang diperjuangkan lewat fungsinya sebagai anggota DPRD Makassar. Kedua, kemampuan untuk peduli dan dekat terhadap masyarakat Kelurahan Maccini. Kepedulian sosial yang telah dikerjakan selama 20 tahun tampak dari fasilitas ambulance dan kain kafan gratis bagi masyarakat yang berduka, kehadiran beliau di setiap acara-acara yang diselenggarakan oleh masyarakat di Kelurahan Maccini, dan merekrut masyarakat Kelurahan Maccini untuk bekerja pada unit usaha yang dimilikinya. Ketiga, kemampuan melaksanakan tanggung jawab sebagai anggota DPRD melalui sosialisasi Perda Kota Makassar di Kelurahan Maccini. Ir. H. Muchlis A. Misbah melakukan sosialisasi perda terkait pengelolaan pasar, pengelolaan sampah, dan pajak daerah kepada masyarakat. Masyarakat menjadi teredukasi dan mendapat banyak pengetahuan baru.

Kata Kunci : Kepercayaan Politik, Perilaku Memilih, Kemampuan, Kepedulian, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Political Trust, Voting Behavior, Ability, Concern, Responsibility
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:48
Last Modified: 19 Sep 2023 06:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27729

Actions (login required)

View Item
View Item