Perilaku Sosial Mahasiswa dari Keluarga Pola Pengasuhan Otoriter (Strict Parents) (Kasus Mahasiswa Universitas Hasanuddin) = Social Behavior of Students from Families with Authoritarian Parenting Patterns (Strict Parents) (Case of Hasanuddin University Students)


Rimaisya, A. Adissa Lutfiah (2023) Perilaku Sosial Mahasiswa dari Keluarga Pola Pengasuhan Otoriter (Strict Parents) (Kasus Mahasiswa Universitas Hasanuddin) = Social Behavior of Students from Families with Authoritarian Parenting Patterns (Strict Parents) (Case of Hasanuddin University Students). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031191033_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031191033_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031191033_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031191033_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pola asuh merupakan cara yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak yang dapat memengaruhi perkembangan anak, termasuk pada pembentukan perilaku sosialnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk perilaku sosial mahasiswa Universitas Hasanuddin yang menerima pola asuh otoriter atau dikenal juga dengan istilah strict parents, serta mengetahui kendala yang dialami akibat pola asuh otoriter beserta upaya yang dilakukan dalam mengatasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan studi kasus yang terjadi pada mahasiswa Universitas Hasanuddin tersebut. Pada penentuan informan, digunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menemukan bahwa perilaku sosial mahasiswa Universitas Hasanuddin dari keluarga pola pengasuhan otoriter terdiri dari beberapa bentuk, yaitu dalam hal kedisiplinan mahasiswa cenderung memperlihatkan sikap taat dan patuh karena takut akan sanksi yang diberikan oleh orang tua ketika melanggar, bergaul secara eksklusif atau penuh kehati-hatian, tidak percaya diri dalam lingkungan pertemanan, bersifat tertutup kepada orang tua, taat dalam beribadah tetapi juga pernah melanggar ajaran orang tua, serta cenderung mahasiswa pernah, bahkan sering berbohong kepada orang tua. Adapun kendala yang dialami terdiri dari terbatas dalam menjalani aktivitas, baik aktivitas perkuliahan ataupun mengeksplor pengalaman baru yang menjadikan mahasiswa sulit untuk menjadi diri sendiri, kesulitan mewujudkan keinginan sendiri karena keinginan orang tua harus diutamakan, serta merasa tertekan. Dalam mengatasi kendala tersebut, berbagai macam upaya dilakukan, seperti melibatkan bantuan orang lain, berperilaku baik di depan orang tua dengan cara berusaha menjaga kepercayaan dan mendekatkan diri dengan orang tua, membangun komunikasi dengan orang tua, membatasi diri di lingkungan pertemanan, bersikap seolah-olah patuh di depan orang tua, serta bersikap penurut kepada orang tua.

Keywords : Pola Asuh otoriter, Strict Parents, Perilaku Sosial, Mahasiswa, Kendala dan Upaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Authoritarian Parenting, Strict Parents, Social Behavior, Students, Constraints and Efforts
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:37
Last Modified: 19 Sep 2023 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27705

Actions (login required)

View Item
View Item