PERILAKU FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADA MAHASISWA PENGGEMAR IDOL GRUP K-POP DI UNIVERSITAS HASANUDDIN = FOMO (FEAR OF MISSING OUT) BEHAVIOR OF K-POP IDOL GRUP FANS AT HASANUDDIN UNIVERSITY


Rahmatia, Rahmatia (2023) PERILAKU FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADA MAHASISWA PENGGEMAR IDOL GRUP K-POP DI UNIVERSITAS HASANUDDIN = FOMO (FEAR OF MISSING OUT) BEHAVIOR OF K-POP IDOL GRUP FANS AT HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031191024_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031191024_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031191024_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031191024_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Rahmatia (E031191024), PERILAKU FOMO (FEAR OF MISSING OUT) PADAb PENGGEMAR IDOL GRUP K-POP DI UNIVERSITAS HASANUDDIN.
Dibimbing oleh Prof. Dr. Suparman Abdullah M.Si dan Hariashari Rahim, S.Sos., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya perilaku FOMO pada mahasiswa penggemar idol grup K-Pop dan untuk mengetahui dampak perilaku FOMO terhadap kehidupan sosial mahasiswa penggemar idol grup K-Pop di Universitas Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan strategi penelitian menggunakan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil delapan data dari Mahasiswa Universitas Hasanuddin dari berbagai Fakultas. Penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling yang memenuhi karakteristik perilaku FOMO (Fear Of Missing Out).
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Mahasiswa Universitas Hasanuddin penggemar idol grup K-Pop melewati empat tahapan tindakan yaitu impuls sesuatu yang melihat untuk pertama kali idol grup K-Pop yang disukai, persepsi
merespon dengan mulai mencari tahu idol grup K-Pop yang dilihat, manipulasi mengambil tindakan dengan lebih banyak menghabiskan waktu bermain media sosial untuk mengetahui informasi idolanya, dan Konsumsi yaitu melakukan tindakan seperti membeli barang segala merchandise, fashion yang memiliki identitas idolanya dan juga menonton konser baik secara virtual maupun secara langsung. Dampak yang
ditimbulkan dengan adanya perilaku tersebut adalah meniru kebiasaan atau sifat dari idola yang disukai, kecenderungan boros, memiliki sifat tertutup atau introvert, berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa, dan memiliki sifat halu dengan menganggap idol yang disukai sebagai pasangannya dan menjodohkan idolanya yang berada dalam satu grup sehingga mendukung pasangan sesama jenis.

Kata Kunci; Perialku FOMO, Penggemar Idol Grup K-Pop, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: My Behavior FOMO, K-Pop Idol Grub Fans, Social Media
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:28
Last Modified: 18 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27704

Actions (login required)

View Item
View Item