Perilaku oversharing di Media Sosial (Studi Kasus Mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin) = OVERSHARING BEHAVIOR IN SOCIAL MEDIA (Case Study of FISIP Hasanuddin University Students)


Febriana, Hadrian (2023) Perilaku oversharing di Media Sosial (Studi Kasus Mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin) = OVERSHARING BEHAVIOR IN SOCIAL MEDIA (Case Study of FISIP Hasanuddin University Students). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031191023_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E031191023_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031191023_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031191023_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Hadrian Febriana (E031191023). PERILAKU OVERSHARING DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Mahasiswa FISIP di Universitas Hasanuddin). Dibimbing oleh Prof. Dr. Suparman Abdullah M.Si dan Ridwan Syam S.Sos. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif perilaku oversharing di media sosial dan untuk mengetahui bentuk perilaku oversharing dalam interaksi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, dan dalam bentuk studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil dari dari delapan mahasiswa di lingkungan FISIP Universitas Hasanuddin pada masing-masing depertemen, penentuan informan dengan purposive sampling yang memenuhi minimal enam karakteristik perilaku oversharing di media sosial.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin memiliki tiga motif tindakan melakuakan perilaku oversharing di media sosial yaitu; motif sosial. motif ekonomi, dan motif keagamaan. Motif sosial yang dilakukan untuk mendapatkan umpan balik (feedback) dari orang lain, menambah pengikut (Followers), dan membentuk citra diri (personal branding) di media sosial. Motif ekonomi bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, memperkenalkan produk dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat memperoleh keuntungan dan pendapatan. Kemudain pada motif keagamaan bertujuan untuk berbagi informasi keagamaan dan edukasi publik melalui media sosial sehingga dapat bermanfaat sebagai pembelajaran, sebagai contoh, dan informasi terbaru tentang lokasi tertentu sehingga orang lain memiliki gambaran awal tanpa perlu mendatangi tempat tersebut secara langsung. Selanjutnya pada bentuk perilaku oversharing dalam interaksi sosial mahasiswa FISIP Univeristas Hasanuddin di media sosial yaitu; postingan aktivitas keseharian, postingan kehidupan asmara atau keluarga, penandaan lokasi terbaru (geotag), dan postingan informasi keagamaan dan edukasi. Interaksi sosial yang di maksud dalam penelitan ini adalah bentuk interaksi yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kemudian diabadikan melaui media sosial, dan tindakan tersebut bertujuan untuk menguatkan hubungan yang sudah ada, membangun relasi baru dengan pihak lain dan membentuk interaksi yang lebih intens.

Kata kunci; Motif Tindakan, Perilaku Oversharing, Media sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Action Motives, Oversharing Behavior, Social Media
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:28
Last Modified: 18 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27703

Actions (login required)

View Item
View Item