KOMUNIKASI PERSUASIF AKUN INSTAGRAM BEAUTY INFLUENCER BERCADAR = PERSUASIVE COMMUNICATION OF A NIQABI BEAUTY INFLUENCER ON INSTAGRAM ACCOUNT


Najib, Vinanda Cinta Cendikia Putri (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF AKUN INSTAGRAM BEAUTY INFLUENCER BERCADAR = PERSUASIVE COMMUNICATION OF A NIQABI BEAUTY INFLUENCER ON INSTAGRAM ACCOUNT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211024_tesis_03-05-2023 cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E022211024_tesis_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211024_tesis_03-05-2023 dp.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211024_tesis_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2025.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang baik secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini terkait komunikasi persuasif yang dilakukan beauty influencer bercadar pada Instagram. Secara garis besar, Beauty influencer adalah seorang yang mengulas produk kecantikan dan perawatan kulit di platform media sosial, seperti Instagram. Umumnya, untuk membujuk pengikut, beauty influencer menggunakan wajah sebagai aset utama saat mengulas produk kecantikan. Penelitian ini berfokus pada beauty influencer bercadar yang mengulas produk kecantikan tanpa memperlihatkan wajah. Untuk memahami model komunikasi persuasif yang digunakan oleh beauty influencer bercadar, maka peneliti melakukan analisis konten kualitatif deskriptif terhadap postingan di akun Instagram @kinans.review yang memiliki lebih dari 163.000 pengikut. Penelitian ini menganalisis bagaimana beauty influencer bercadar menggunakan 6 prinsip komunikasi persuasif dari Robert Cialdini kemudian peneliti juga akan melihat komentar dari pengikut untuk membuktikan apakah komunikasi persuasif yang dilakukan berhasil atau tidak terhadap pengikut Instagram dari akun @kinans.review. Hasilnya, beauty influencer menggunakan ke 6 prinsip komunikasi persuasif dari Robert Cialdini yaitu timbal balik, komitmen dan konsistensi, bukti sosial, otoritas, disukai dan kelangkaan dan terbukti bahwa pengikut berhasil dipengaruhi.

Keywords : komunikasi persuasif, beauty influencer bercadar, Instagram

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Persuasive communication, niqabi beauty influencer, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:19
Last Modified: 19 Sep 2023 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27682

Actions (login required)

View Item
View Item