Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) Dalam Mensosialisasikan Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Makassar = Public Relations Communication Strategy PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) in Socializing the Adjustment of Fuel Oil Prices (BBM) in Makassar City


Afriyanti, Kartika (2023) Strategi Komunikasi Public Relations PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) Dalam Mensosialisasikan Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Makassar = Public Relations Communication Strategy PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) in Socializing the Adjustment of Fuel Oil Prices (BBM) in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191069_skripsi_27-04-2023 cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191069_skripsi_27-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191069_skripsi_27-04-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191069_skripsi_27-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

KARTIKA AFRIYANTI. Strategi Komunikasi Public relations PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) dalam Mensosialisasikan Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Makassar (Dibimbing oleh Muhammad Akbar dan Nurul Ichsani).
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi public relations PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) dalam mensosialisasikan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung bagi pelaksanaan strategi komunikasi public relations PT. Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR VII) dalam mensosialisasikan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu bulan Desember 2022 – Januari 2023 yang berlokasi di PT. Pertamina Patra Niaga MOR VII dengan objek penelitian di fungsi public relations atau dikenal sebagai communication and relations. Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang didapatkan dari data primer melalui wawancara mendalam dan observasi, serta data sekunder melalui dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa public relations PT. Pertamina Patra Niaga MOR VII telah melakukan beberapa tahapan selama merumuskan strategi komunikasinya dalam mensosialisasikan penyesuaian harga BBM, yaitu (1) Menentukan dampak, (2) Menentukan segmentasi, (3) Menetapkan komunikator, (4) Menyusun pesan, (5) Memilih media komunikasi, dan (6) Melaksanakan sosialisasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa selama mensosialisasikan penyesuaian harga BBM, ada beberapa hal yang menjadi faktor penghambat dan juga faktor pendukung. Faktor penghambatnya antara lain: (1) Adanya hambatan dalam proses penerimaan pesan. (2) Adanya sikap acuh tak acuh audience saat pelaksanaan sosialisasi berlangsung. Faktor pendukungnya antara lain: (1) Adanya networking relationship yang dijalin oleh public relation PT. Pertamina Patra Niaga dengan media massa. (2) Adanya hubungan kedekatan antara public relation PT. Pertamina Patra Niaga MOR VII dengan beberapa organisasi dan komunitas yang terdampak dari adanya penyesuaian penyesuaian harga BBM.

Keywords : Strategi komunikasi, Public Relations, Bahan Bakar Minyak (BBM), Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Public Relations, Bahan Bakar Minyak (BBM), Kota Makassar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:08
Last Modified: 18 Sep 2023 07:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27672

Actions (login required)

View Item
View Item