SURVEI KECENDERUNGAN PEMILIH PEMULA TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON PRESIDEN RI 2024 (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Universitas Hasanuddin) = Beginner Voter Tendency Survey on the Political Communication Strategy of the 2024 Presidential Candidates (Case Study of Hasanuddin University Social Sciences Students)


Azzahra, Nirwana Fatimah (2023) SURVEI KECENDERUNGAN PEMILIH PEMULA TERHADAP STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON PRESIDEN RI 2024 (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Universitas Hasanuddin) = Beginner Voter Tendency Survey on the Political Communication Strategy of the 2024 Presidential Candidates (Case Study of Hasanuddin University Social Sciences Students). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191028_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191028_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191028_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191028_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NIRWANA FATIMAH AZZAHRA. Survei Kecenderungan Pemilih Pemula Terhadap Strategi Komunikasi Politik Calon Presiden Tahun 2024 (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Universitas Hasanuddin). (Dibimbing oleh Moeh Iqbal Sultan dan Muhammad Akbar).
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Kecenderungan pemilih pemula dalam memilih calon presiden Republik Indonesia tahun 2024, (2) Faktor faktor yang mempengaruhi pemilih pemula dalam memilih calon presiden tahun 2024, (3) Presepsi pemilih pemula terhadap strategi komunikasi yang cocok digunakan oleh parpol dalam memenangkan pasangan calon presiden Republik Indonesia 2024.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Adapun populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Fisip Universitas Hasanuddin angkatan 2020-2022 dengan menggunakan tabel isaac dan michael maka ditentukan jumlah sampel sebanyak 292. Dengan Kriteria : (1) Memiliki Kartu Tanda Penduduk, (2) Berusia 17-21 tahun, (3) Belum pernah mengikuti pemilihan presiden sebelumnya. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif analisis.
Data primer dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, tinjauan pustaka dan data sekundernya dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan pihak-pihak Mahasiswa yang terkait dengan penelitian. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabel silang dan dianalisis secara kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan pemilih pemula dalam memilih calon presiden 2024 dipengaruhi oleh beberapa aspek yakni melalui visi dan misi yang relevan dengan kawula muda, keberhasilannya dalam memimpin suatu kelompok atau organisasi sebelumnya, penggunaan platform media sosial sebagai wadah kampanye secara online, serta personal branding yang dibangun oleh masyarakat. Kemudian faktor yang mempengaruhi pemilih pemula dalam memilih calon presiden RI tahun 2024 didasari dari faktor karakter kepemimpinan yang diinginkan dan disukai oleh anak muda, kemampuan inovatifnya untuk membuat program dan kebijakan, visi dan misi yang ditawarkan yang dapat membuat Indonesia menuju kearah yang lebih maju di masa mendatang, berani dan tegas dalam mengambil setiap keputusan dan kebijakan, figur yang dinilai merakyat, jujur dan sederhana, sikap politik rakyat yang menginginkan perubahan Indonesia di masa akan datang, popularitas dan kecerdasan, kemampuan intelektual dan rekam jejak yang baik di mata masyarakat. Selanjutnya strategi komunikasi politik yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sejumlah media sosial secara online seperti facebook, whatshapp, dan akun tiwitternya, menggunakan media elektronik seperti TV, radio, serta melakukan pendekatan masyarakat atau tokoh agama.

Keywords : Pemilih pemula, strategi komunikasi politik dan capres

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beginner voters, political communication strategies and presidential candidates
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:12
Last Modified: 18 Sep 2023 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27664

Actions (login required)

View Item
View Item