Asnawi, Andi Erina Faqiha (2023) AN ANALYSIS OF STUDENTS' EMOTIONAL INTELLIGENCE MANAGEMENT IN SPEAING ENGLISH: A STUDY AT SMAN 1 SOPPENG. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F022211009_tesis_28-04-2023 bab 1-3.pdf
Download (5MB)
F022211009_tesis_28-04-2023 cover1.jpg
Download (208kB) | Preview
F022211009_tesis_28-04-2023 dp.pdf
Download (9MB)
F022211009_tesis_28-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan; (1) mengetahui jenis-jenis kecerdasan emosional siswa dalam kegiatan berbicara; (2) strategi apa yang mereka terapkan dalam mengelola emosi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian adalah 64 siswa kelas 11 MIA dan IIS di SMAN 1 Soppeng. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami emosi positif dan negatif dalam berbicara bahasa Inggris. Emosi diidentifikasi oleh ekspresi wajah, gerak tubuh, dan vokal. Saat berbicara, siswa sering memiliki emosi positif, seperti kebahagiaan. Di sisi lain, siswa sering mengalami emosi negatif, seperti kecemasan, kegugupan, dan ketakutan. Selain itu, siswa mampu mengelola emosi negatif dengan menggunakan tiga dari lima kompetensi terkait kecerdasan emosional saat berbicara bahasa Inggris. Kompetensi tersebut meliputi kesadaran diri, pengaturan diri, dan motivasi. Mereka menggunakan kompetensi tersebut untuk mengenali dan mengelola emosi mereka saat berbicara.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosi, berbicara bahasa Inggris, manajemen emosi |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 07:01 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 07:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27661 |