ANALISIS PROMOSI DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA PADA DESA WISATA BINANGA KARAENG KABUPATEN PINRANG SULAWESI SELATAN = ANALYSIS OF THE YOUTH AND SPORTS TOURISM OFFICE PROMOTION IN THE BINANGA KARAENG TOURISM VILLAGE PINRANG REGENCY SOUTH SULAWESI


Jafar, Imran (2023) ANALISIS PROMOSI DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA PADA DESA WISATA BINANGA KARAENG KABUPATEN PINRANG SULAWESI SELATAN = ANALYSIS OF THE YOUTH AND SPORTS TOURISM OFFICE PROMOTION IN THE BINANGA KARAENG TOURISM VILLAGE PINRANG REGENCY SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181305_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021181305_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181305_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181305_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

IMRAN JAFAR. Analisis Promosi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga pada Desa Wisata Binanga Karaeng Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. (Dibimbing oleh Moeh. Iqbal Sultan dan Arianto).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui promosi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang pada Desa Wisata Binanga Karaeng; (2) untuk mengetahui fakor pendukung serta hambatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang pada Desa Wisata Binanga Karaeng. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif.
Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan sejak Oktober 2022 hingga Desember 2022. Analisis dalam penelitian ini merupakan keselurhan promosi yang dilakukan oleh Dina Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mengenai Desa Wisata Binanga Karaeng. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung serta wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer penelitian ini dikumpulkan secara langsung melalui wawancara. Sementara itu, data sekunder yang digunakan bersumber dari studi pustaka melalui literature terkait.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupten Pinrang melalui media sosial (Instagram, Facebook,serta Whatsapp) dalam bentuk postingan, media online melalui website, melakukan kontak langsung dengan pengunjung, dan Katinting Race. Penelitian ini juga menunjukkan faktor pendukung yang dihadapi seperti adanya antusiasme masyarakat untuk berkunjung, dukungan dari pemerintah setempat dalam bentuk anggaran dana serta pengetahuan tentang pengembangan wisata, kera sama dengan komunitas yang ada di Desa Binanga Karaeng. Kemudian faktor penghambat seperti kesadaran masyarakat akan potensi wisata yang dimiliki masih kurang, keterbatasan anggaran serta akses jalan menuju lokasi wisata masih kurang baik.

Keywords : Promosi, Pariwisata, Desa Wisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promotion, Tourism, Tourism Village
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:57
Last Modified: 18 Sep 2023 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item
View Item