Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan = Impact Work Motivation on The Quality of Public Service in Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan


Siraj, Muh. Fakhruddin (2023) Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan = Impact Work Motivation on The Quality of Public Service in Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21116319_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E21116319_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21116319_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21116319_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Motivasi adalah sesuatu hal yang dapat memberi dorongan kepada pegawai untuk dapat bekerja lebih baik. Aparatur negara merupakan sumber daya manusia yang harus mempunyai motivasi kerja yang tinggi demi terciptanya kualitas pelayanan yang baik dalam berlembaga atau bernegara. Sebagai salah satu pilar dalam pelayanan publik, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan dituntut memiliki aparatur yang bisa memberikan pelayanan optimal sehingga institusi akan mendapatkan pandangan kualitas pelayanan publik yang baik dari masyarakat.
Skripsi ini ditulis untuk mencari apakah terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menghimpun data menggunakan penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 83. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Rumus Slovin dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin error 5%, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 69 responden. Data yang diperolah kemudian diolah dengan metode analisis deskriptif kuantitatif dan juga analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan persamaan regresi pada arah positif yaitu Y = 23,995 + 0,548 dan juga signifikasi yang berada pada titik 0,00. Hasil tersebut selaras dengan penelitian terdahulu yang menjadi referensi pada penelitian ini.

Keywords : Work Motivation, Public Service Quality, Public Interest

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Work Motivation, Public Service Quality, Public Interest
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:39
Last Modified: 18 Sep 2023 06:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27648

Actions (login required)

View Item
View Item