IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN DI KANTOR REGIONAL IX BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA JAYAPURA = Implementation of Personnel Service Innovation at Regional Office IX of Jayapura State Civil Service Agency


Bando, Muh Fatlullah Baqi (2023) IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN DI KANTOR REGIONAL IX BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA JAYAPURA = Implementation of Personnel Service Innovation at Regional Office IX of Jayapura State Civil Service Agency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012192005_tesis_22-05-2023 cover1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E012192005_tesis_22-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (929kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012192005_tesis_22-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012192005_tesis_22-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK MUH FATLULLAH BAQI BANDO (E012192005). Implementasi Inovasi Pelayanan Kepegawaian di Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura (dibimbing oleh Badu Ahmad dan Syahribulan).
Tujuan penelitian ini ingin menganalisis implementasi inovasi aplikasi Sistem Informasi Notifikasi Kepegawaian (SINOKEN) di Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura berdasarkan tiga faktor utama implementasi inovasi yang dikemukakan oleh Steelman (2010). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, karena objek yang diteliti merupakan implementasi sebuah inovasi yang berkaitan dengan proses kerja manusia. Data dikumpulkan dari wawancara dengan informan dan melalui studi pustaka yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi SINOKEN dengan menggunakan model-model implementasi inovasi yang dikemukakan oleh Steelman (2010), dapat dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu; 1) Faktor individu yang meliputi motivasi, norma-norma dan harmoni atau keselarasan; 2) Faktor Struktur yang meliputi aturan dan komunikasi, insentif, keterbukaan dan perlawanan; dan 3) Faktor budaya yang meliputi Guncangan, pengelompokan dan pengakuan. Faktor-faktor ini sudah cukup berhasil namun masih memiliki kekurangan. Hal ini dikarenakan pada faktor individu terdapat variabel keselarasan yang menunjukkan belum adanya keselarasan karena pada layanan kenaikan pangkat dilakukan secara bertahap atau tidak sepenuhnya layanan kenaikan pangkat menggunakan aplikasi SINOKEN hanya pada satu jenis layanan kenaikan pangkat otomatis saja. Kebijakan ini dilakukan karena memperhatikan kondisi wilayah papua yang beberapa daerahnya masih kekurangan jaringan internet yang memadai untuk mengakses berbagai jenis aplikasi dengan menggunakan jaringan internet.

Kata Kunci: Kantor Regional IX Badan Kepegaaian Negara jayapura, Implementasi, Inovasi Pelayanan, SINOKEN

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jayapura State Civil Service Agency IX Regional Office, Implementation, Service Innovation, SINOKEN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:50
Last Modified: 18 Sep 2023 05:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item
View Item